1 Kg Berapa Liter ?

Dalam kehidupan sehari-hari sering menjumpai istilah kg maupun liter. Kemungkinan Anda akan menjumpai kedua istilah tersebut dalam penyebutan berat maupun isi suatu benda. Meskipun dijumpai dalam hal yang sama, namun keduanya berbeda. Keduanya akan dapat dibandingkan apabila telah dikonversikan dalam satuan yang sama. Lalu, nilai 1 kg berapa liter? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Kg dan Liter?

Apa-Itu-Kg-dan-Liter

Istilah kg berasal dari singkatan kilogram. Kilogram dikenal untuk menyatakan massa sebuah benda atau berat benda. Namun, secara konteks sains massa merujuk pada jumlah partikel dalam suatu benda. Sedangkan berat lebih merujuk pada gaya gravitasi yang mengenai suatu benda. Kilogram didefinisikan sebagai satuan unit massa dan juga dirujuk sebagai satuan standar internasional (SI).

Baca Juga : Besaran dan Pengukuran

Sementara liter atau biasa disingkat dengan “L” merupakan satuan unit untuk menyatakan volume suatu benda. Pada umumnya digunakan sebagai satuan volume benda berwujud cair. Seperti untuk menyatakan ukuran volume galon, air dalam botol, dan lain sebagainya.

Mengenal Satuan Massa

Satuan massa merupakan unit untuk menyatakan suatu massa benda. Terdapat beragam banyak satuan untuk menyatakan besaran massa. Dalam standar internasional, satuan massa yang dijadikan patokan yaitu kilogram (kg).  

Dalam perhitungan menggunakan satuan massa kerap dijumpai penggunaan berbagai satuan unit. Agar memudahkan dalam perhitungan sebaiknya dilakukan konversi terlebih dahulu dalam satuan yang sama. Berikut akan disajikan tangga satuan dalam massa.

Tangga-Satuan-Massa

Penggunaan tangga satuan massa tersebut bertujuan sebagai jembatan keledai dalam konversi satuan. Setiap naik satu tingkat dalam tangga, maka nilainya harus dibagi dengan 10. Sedangkan jika turun setiap satu tingkat dalam tangga, maka nilainya harus dikalikan dengan 10.

Satuan massa dinyatakan secara berurutan yaitu kilogram, hektogram, dekagram, gram, desigram, sentigram, dan miligram. Berdasarkan tangga konversi satuan massa tersebut, jika terdapat 10 kilogram, maka akan senilai dengan 100 hg. Sebab, hektogram turun satu tingkat dari kilogram sehingga nilainya harus dikalikan dengan 10. Demikian pula dengan 1000 gram akan setara dengan 1 kg. Karena kilogram naik tiga tingkat dari gram sehingga harus dibagi dengan kelipatan 3 dari 10, yaitu 1000.

Adapun satuan lain dalam massa yang sering digunakan seperti ton, kwintal, pon, ons, dan lain sebagainya. Satuan-satuan tersebut pada umumnya banyak digunakan untuk menyatakan massa yang berukuran besar. Seperti misalnya pada hasil panen padi, berat kendaraan, berat tabung gas, dan lain sebagainya.

Mengenal Satuan Volume

Satuan volume merupakan satuan unit untuk menyatakan besaran isi atau volume suatu benda. Volume benda berupa benda padat, cair dan juga gas. Namun, satuan ini lebih banyak digunakan untuk menyatakan satuan volume dari benda cair.

Satuan volume paling sering dinyatakan satuan volume kubik dan satuan volume liter. Keduanya mempunyai satuan unit yang masing-masing dapat digambarkan dalam tangga konversi satuan besaran volume. Berikut penyajian tangga konversi satuan besaran volume.

Konversi satuan volume dalam meter kubik meliputi kilometer kubik (km3), hektometer kubik (hm3), dekameter kubik (dam3), meter kubik (m3), desimeter kubik (dm3), sentimeter kubik (cm3), dan juga milimeter kubik (mm3). Setiap turun satu tingkat, maka nilainya harus dikalikan dengan 1000. Sementara jika naik satu tingkat, maka nilainya harus dibagi dengan 1000.

Misalnya volume suatu benda sebesar 1000 m3, maka nilai tersebut akan setara dengan 1 dam3. Sebab, tangga dekameter kubik berada satu tingkat di atas meter kubik. Sehingga nilainya harus dibagi dengan 1000.

Mengenal-Tangga-Satuan-Volume-Liter

Berdasarkan tangga konversi satuan dalam liter tersebut jika naik satu tingkat, maka nilainya harus dibagi dengan 10. Sementara jika turun satu tingkat, maka nilainya harus dikalikan dengan 10. Satuan dalam liter meliputi kilometer (kl), hektoliter (hl), dekaliter (dal), liter (l), desiliter (dl), centiliter (cl), dan mililiter (ml).

Sebagai contoh suatu benda memiliki volume 1 liter, maka volume tersebut akan setara dengan 1000 ml. Mililiter berada tiga tingkat di bawah liter. Sehingga nilai liter harus dikalikan dengan kelipatan 3 dari 10.

Atau sebuah benda memiliki volume 100 liter, maka nilai tersebut setara dengan 10 dekaliter. Dekaliter berada satu tingkat di atas liter. Oleh sebab itu, nilai liter harus dibagi dengan 10 sehingga diperoleh 10 dekaliter.

Bagaimana Konversi 1 kg Berapa liter?

Bagaimana-Konversi-1-kg-Berapa-liter

Jika Anda harus mengkonversikan satuan dalam kilogram ke liter, maka hal ini erat kaitannya dengan massa jenis. Massa jenis merupakan massa benda dalam persatuan volume. Massa jenis kerap pula disebut dengan densitas.

Berdasarkan rumus dari volume yang merupakan massa benda dibagi massa jenis, maka diperolehlah konversi kg menjadi liter. Sehingga konversi tersebut dipengaruhi oleh faktor massa jenis. Hal ini akan mengakibatkan nilai konversi menjadi berbeda-beda.

Sebagai contoh untuk konversi satuan kilogram menjadi liter pada air. Telah diketahui air memiliki massa jenis sebesar 1 kg/liter. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 1 kg air sama dengan 1 liter.

Baca Juga : R Tabel Spss

Contoh berikutnya untuk konversi minyak 1 kg berapa liter? Minyak memiliki massa jenis sebesar 0,900 kg/liter. Sehingga diperoleh volume minyak sebesar 1,111 liter dari hasil perhitungan 1 kg per 0,900 kg/liter.

Pada kasus yang lain, konversi beras dalam kilogram menjadi liter. Beras yang memiliki berat 25 kg, berapa liter beras tersebut jika dinyatakan dalam satuan volume. Beras memiliki massa jenis sebesar 0,753 kg/liter. Sehingga diperoleh beras senilai 33,2 liter yang diperoleh dari perhitungan 25 kg per 0,753 kg/liter.

Penerapan Satuan Kg dan Liter Dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan-Satuan-Kg-dan-Liter-Dalam-Kehidupan-Sehari-hari

Anda pasti sering menjumpai bahkan menggunakan satuan kilogram dan liter dalam kegiatan sehari-hari. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan manusia berkaitan erat dengan penggunaan satuan massa maupun volume. Berikut penerapan satuan kilogram dan liter dalam kehidupan sehari-hari:

  • Menyatakan berat pada kantong berisi pangan. Pada umumnya kantong pada wadah menyimpan beras, jagung, kedelai dan bahan pangan lainnya bertuliskan satuan kilogram pada permukaannya.
  • Satuan liter banyak digunakan dalam penggunaan ukuran volume pada kemasan air minum, takaran bahan bakar, dan lain sebagainya. Satuan ini memang kerap digunakan untuk menyatakan ukuran volume dalam benda cair.
  • Pada Satuan kilogram juga kerap diterapkan untuk menyatakan benda dalam bentuk padat. Seperti bola, meja, almari, berat badan, dan lain sebagainya.
  • Massa sebuah produk kecantikan juga kerap dijumpai dengan menggunakan mililiter atau gram. Pada umumnya konversi tersebut juga diperoleh dari pengkonversian berat maupun volume dengan menggunakan kilogram dan volume.
  • Benda berupa zat gas juga dinyatakan dalam kilogram maupun liter. Namun, pada gas harus dilakukan konversi terlebih dahulu. Tentu saja pada gas juga diperhitungkan dengan menggunakan massa jenis udara.
  • Satuan kilogram juga digunakan untuk satuan berat badan manusia dan hewan.
  • Dalam pengiriman paket yang berisikan berbagai macam barang, umumnya juga dinyatakan dalam kilogram.

Konversi 1 kg berapa liter tentu akan memudahkan Anda dalam membandingkan massa dengan volume. Sebagai kuncinya Anda harus paham terlebih dahulu mengenai jenis benda dan massa jenisnya. Sehingga akan diperoleh hasil berupa volume dalam liter.

Artikel Lainnya :