9 Arti Mimpi Dikejar Ular

Ketika sedang tertidur, seringkali kita berada dalam keadaan atau sebuah situasi dan cerita tertentu. Pengalaman tersebut bisa jadi pernah kita rasakan sebelumnya, atau bahkan kejadian yang aneh dan menakutkan, misalnya dikejar ular. Kira-kira apa ya arti mimpi dikejar ular?

Nah, dari pada penasaran, yuk simak penjelasannya di sini!

Mimpi dan Pemaknaannya

Mimpi adalah kejadian yang dialami seseorang ketika seseorang sedang tertidur atau terjadi pada alam bawah sadar. Maknanya adalah sebagai berikut:

1. Bisa Dikaitkan dengan Keadaan Psikologis Tertentu

Bisa-Dikaitkan-dengan-Keadaan-Psikologis-Tertentu

Misalnya seseorang sedang merasa rindu, kemudian ada sosok yang hadir dalam mimpi dan merupakan perwujudan dari rasa tersebut. 

2. Merepresentasikan Sebuah Keadaan 

Merepresentasikan-Sebuah-Keadaan

Terkadang, hal yang sudah kita lewati pada hari-hari tertentu sangat membekas pada memori atau bahkan tak sengaja terlintas dan selanjutnya terbawa ke alam mimpi.

3. Mimpi Baik dan Mimpi Buruk

Mimpi-Baik-dan-Mimpi-Buruk

Mimpi juga dikenal dengan dua jenis, yaitu mimpi dengan perasaan yang menyenangkan dan mimpi yang menghasilkan perasaan sedih, marah dan menjengkelkan atau disebut mimpi buruk. Saat tertidur, kita bahkan bisa ikut tertawa, tersenyum bahkan menangis tersedu akibat mimpi tersebut.

4. Tafsir mimpi atau Primbon

Tafsir-mimpi-atau-Primbon

Berbagai penafsiran mimpi sebetulnya telah ada sejak lama, seperti primbon adalah salah satunya, yang kehadiran mimpi tersebut mampu menyiratkan , menunjukkan atau memberi makna tertentu. Mimpi juga bisa dikaitkan dengan sebuah pertanda khusus yang bisa saja akan dialami oleh seorang pemimpi atau bahkan orang-orang terdekatnya.

5. Mimpi adalah Bunga Tidur

Mimpi-adalah-Bunga-Tidur-scaled

Sedangkan untuk sebagian lainnya, mimpi dianggap bunga tidur yang dialami di zona bawah sadar yang memang seringkali menguras tenaga, emosi, pikiran, pendengaran, penglihatan dan berbagai peran indera lainnya dan sangat terasa nyata.

Arti Mimpi Dikejar Ular (Berbagai Jenis)

Ular adalah salah satu sosok yang seringkali muncul pada mimpi seseorang. Apakah Anda pernah mengalaminya? Meskipun hewan buas ini jarang sekali kita temui di kehidupan nyata, mereka justru lebih sering menghampiri di alam mimpi. Mengapa demikian dan apakah artinya?

Lihat Juga : Arti yaumul jaza

Ternyata dalam tafsir mimpi, ular memiliki makna ganda. Ia bisa berarti positif, bisa juga negatif. Karena sosoknya yang terlihat buas dan menakutkan, namun juga simbol dari terjadinya sebuah perubahan yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang bisa diambil maknanya dari sebuah mimpi. Dikejar bisa dalam artian akan mendapat sesuatu, dan ular seringkali dikaitkan dengan ancaman. Lalu, apakah arti dibalik mimpi dikejar ular?

1. Ada Sosok yang Harus Dihindari

Ada-Sosok-yang-Harus-Dihindari

Karena ular kobra atau piton diibaratkan sebagai makhluk yang dapat memberi ancaman, maka mimpi dikejar ular bisa saja bermakna bahwa ada sosok atau seseorang diluar sana yang membahayakan atau membawa dampak buruk pada kehidupan Anda, yang artinya ia haruslah dihindari.

Atau bahkan, ada seseorang atau sekelompok orang yang secara langsung maupun tidak yang sedang menindas atau membuat Anda merasa tertekan. Hal ini bisa dikaitkan dengan berbagai aspek kehidupan. Seperti pekerjaan, hubungan asmara, pertemanan dan lain sebagainya.

2. Mencoba Menghindari Kenyataan

Mencoba-Menghindari-Kenyataan-arti-mimpi-dikejar-ular

Makna mimpi dari dikejar itu terkadang memiliki korelasinya tersendiri dengan hidup yang sedang kita jalani. Bisa saja karena dalam kehidupan nyata, Anda sedang menghindari sebuah fakta, dan kemungkinan, kenyataan tersebut memang pahit.

Jadi, dikejar sebagai arti bahwa ada hal yang sedang dihindari dan ular adalah sosok yang hadir atau diibaratkan sebagai kenyataan yang sedang dihadapi.

3. Lari atau Menghindar dari Tanggung Jawab

arti-mimpi-dikejar-ular-Lari-atau-Menghindar-dari-Tanggung-Jawab

Selain menghindari kenyataan atau kebenaran yang terjadi. Ular juga bisa merupakan simbol dari tanggung jawab yang besar. Bagi Anda yang bermimpi dikejar ular, bisa saja dalam kehidupan karir ataupun pekerjaan, Anda sedang merasa tidak sanggup jika diberikan beban dan tanggung jawab yang besar tersebut.

4. Ketakutan

Ketakutan

Ular dalam mimpi memang biasa dikaitkan dengan ancaman. Untuk orang yang bermimpi bertemu dan dikejar ular biasanya berada dalam ketakutan. Bisa jadi dalam kehidupannya ia memang sedang dihadapkan dengan ketakutan – ketakutan tertentu.

Takut untuk melangkah, takut bersuara atau takut dalam menyampaikan ide dan gagasan misalnya. Karena orang tersebut merasa ‘takut salah’ akan pilihan dan jalan yang ada dihadapannya.

5. Masalah yang  Dekat

Masalah-yang-Dekat

Jika dalam mimpi tersebut ular berada di dalam rumah, maka bisa jadi Anda sedang mengalami masalah atau ada situasi yang kurang menyenangkan dengan orang terdekat, keluarga misalnya. 

6. Adanya Perubahan

Adanya-Perubahan-arti-mimpi-dikejar-ular

Walau kadang terlihat mengancam, ular juga merupakan representasi dari perubahan makhluk. Jika dikaitkan dengan mimpi yang dialami. Bisa jadi ini merupakan sebuah pertanda akan adanya perubahan yang terjadi dalam kehidupan Anda.

7. Terhindar Dari Bahaya

Terhindar-Dari-Bahaya

Ular adalah makhluk yang cukup menyeramkan dan dikenal berbahaya, selain itu dalam Mitologi Yunani dan Primbon Jawa, ular juga bermakna bahaya ataupun bencana. Jadi, orang yang pernah bermimpi dikejar ular, kemungkinan ia akan terhindardari bahaya yang sedang mengincarnya.

Jika mimpi tersebut dibarengi dengan ular yang menggigit, maka dapat diartikan bahwa orang yang bermimpi akan terhindar dari bencana atau beberapa malapetaka yang terjadi. Jika ular yang mengejar dalam jumlah banyak, itu berarti orang-orang yang ada disekitar Anda juga akan ikut terhindar dari bahaya tersebut.

8. Ada yang Merindukan atau Mencintai

Ada-yang-Merindukan-atau-Mencintai-arti-mimpi-dikejar-ular

Kebanyakan memang melihat ular sebagai sosok yang menyeramkan. Namun dalam tafsir mimpi, ia bisa juga diibaratkan sebagai sosok yang misterius atau bahkan Anda tidak mengetahui dan mengenalnya secara mendalam.

Arti mimpi dikejar ular juga bisa mengisyaratkan bahwa ada seseorang diluar sana yang secara diam-diam merindukan atau mencintai Anda. Ia bisa jadi merupakan sosok yang tidak disangka-sangka dan sedang  berusaha mendekati.

9. Menyembunyikan Perasaan

Menyembunyikan-Perasaan

Mimpi dikejar ular juga bisa karena Anda sedang memendam sebuah perasaan. Bisa cinta, benci, marah, kesal, takut dan lain-lain. Ular yang hadir dalam mimpi bisa jadi sebagai perwujudan rasa yang dipendam tersebut.

Mimpi dalam Islam

Dalam ajaran islam, mimpi dibagi kedalam 3 jenis:

  • Mimpi yang berasal dari diri sendiri
  • Mimpi yang datangnya dari Allah
  • Dan mimpi yang asalnya dari setan

Jika mimpi dikejar ular itu membuat Anda merasa gelisah, itu merupakan mimpi yang berasal dari diri sendiri, jika setelah itu memang ada orang yang mendekati dengan maksud baik, mimpi tersebut memang dimaksudkan untuk memberitahu suatu hal yang akan terjadi.

Namun, jika dalam mimpi tersebut yang terasa jelas kemunculannya adalah ketakutan, bisa jadi mimpi itu berasal dari syetan yang hanya ingin menumbuhkan rasa tersebut ke dalam diri melalui mimpi. Bisa juga karena Anda lupa untuk membaca doa sebelum tidur.

Demikian informasi arti mimpi dikejar ular, Anda bisa percaya bisa tidak, boleh memilih percaya, boleh juga tidak terhadap arti mimpinya. Namun, ada baiknya untuk coba Anda refleksikan pada keadaan dan pengalaman hidup yang sedang terjadi saat ini, karena mungkin mimpi tersebut bisa dijadikan pembelajaran.

Artikel Lainnya :