Arti Mimpi Kembali ke Masa Lalu

GuruPandai – Mimpi kembali ke masa lalu, banyak orang yang menganggap mimpi hanya sebatas bunga tidur, ketika Anda bangun tidak jarang mimpi tersebut hanya berlalu begitu saja tanpa sempat Anda ingat kembali.

Namun tahukah Anda bahwa mimpi memiliki tafsirnya tersendiri? Percaya atau tidak tapi sudah banyak orang yang mempercayai dan mencari-cari apa makna dari kejadian yang dimimpikannya.

Begitu juga dalam agama Islam, mimpi setiap orang seringkali ditafsirkan sesuai dengan aturan agama. Salah satu mimpi yang sering dipertanyakan, yaitu arti mimpi kembali ke masa lalu menurut Islam.

Apakah arti dari mimpi tersebut benar-benar pertanda akan masa depan atau masa lalu? Nah, berikut ini kami akan membahas arti mimpi tersebut.

Baca Juga : Arti Mimpi Banyak yang Menyukai Kita

Arti Mimpi Kembali ke Masa Lalu Menurut Islam

Ada beberapa macam mimpi kembali ke masa lalu, setiap macamnya tentu memiliki arti dan tafsiran yang berbeda.

Berikut ini beberapa jenis mimpi kembali ke masa lalu yang tafsirannya terdapat dalam Islam, simak selengkapnya:

1. Bermimpi Tentang Kehidupan Masa Lalu

Bermimpi-Tentang-Kehidupan-Masa-Lalu

Ketika Anda bermimpi tentang kehidupan masa lalu dan terasa benar-benar nyata, sebenarnya apa makna dari mimpi tersebut?

Misalnya dalam mimpi tersebut Anda benar-benar mengingat detail warna, tempat, dan raut muka orang-orang, semua itulah yang membuat mimpi terasa sangat nyata.

Jika Anda bermimpi seperti itu, artinya mimpi tersebut benar-benar memperlihatkan masa lalu Anda.

Sebuah mitos kuno mengatakan, bahwa jiwa seseorang mampu mengingat kehidupan masa lalu dalam mimpinya. Berikut beberapa ciri saat Anda benar-benar bermimpi kembali ke masa lalu:

  • Anda menjadi tokoh orang lain dalam mimpi,
  • Kepribadian Anda sangat berbeda dalam mimpi tersebut mulai dari jenis kelamin, penampilan, suara, dan lain-lain
  • Ada bekas luka, tahi lalat, atau tanda lahir yang tiba-tiba muncul ketika Anda terbangun dari mimpi tersebut
  • Sering merasakan deja vu (perasaan pernah mengalami suatu kejadian di masa lalu padahal belum pernah)

2. Bermimpi Melihat Diri Sendiri Saat Masa Kecil

Bermimpi-Melihat-Diri-Sendiri-Saat-Masa-Kecil

Pernahkah Anda bermimpi pergi ke masa lalu kemudian melihat wujud diri sendiri semasa kecil? Jika pernah, maka Anda beruntung karena mimpi ini mempunyai makna positif.

Mimpi semacam ini menunjukan bahwa Anda akan mengenali diri sendiri jauh lebih dalam, tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang sedang mencari jati diri.

3. Bermimpi Melakukan Perjalanan Waktu atau Time Travel

Bermimpi-Melakukan-Perjalanan-Waktu-atau-Time-Travel

Melakukan perjalanan waktu atau time travel dalam mimpi tentu menjadi hal yang mengasyikan, Anda jadi bisa melihat kejadian-kejadian di masa lalu atau masa depan. Namun sayangnya, mimpi seperti ini memiliki pertanda yang kurang bagus. Arti dari mimpi ini yaitu menggambarkan diri Anda yang sedang cemas dan gelisah.

Maksudnya, Anda sedang mencemaskan kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa depan. Merasa banyak ketakutan dan khawatir hal baik tidak akan mengampiri kehidupan Anda.

Selain itu, Anda juga selalu menyesali hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu. Tentunya mimpi dan pikiran seperti ini akan menganggu kesehatan mental Anda sendiri.

Baca Juga : Arti Mimpi Laki-laki Menyukai Kita

4. Bermimpi Kembali ke Masa Lampau Menggunakan Mesin Waktu

Bermimpi-Kembali-ke-Masa-Lampau-Menggunakan-Mesin-Waktu

Menggunakan mesin waktu untuk melihat masa lalu atau masa depan, menjadi keinginan bagi sebagian besar orang. Namun sayangnya, mesin waktu ini hanyalah fantasi semata yang dihasilkan dari tontonan Anda. Para ahli psikolog menyatakan, bahwa mimpi seseorang sangat dipengaruhi oleh tontonan yang dilihatnya.

Namun jika dilihat dari segi emosinal, bermimpi kembali ke masa lalu menggunakan mesin waktu berarti bahwa Anda sedang menyesali atau merasa bersalah atas masa lalu itu sendiri.

Anda selalu berusaha untuk memperbaiki hal yang sudah lama terjadi, namun semua itu hanya sia-sia dan hanya akan menimbulkan berbagai kesulitan mental serta paradoks.

5. Bermimpi Sedang Ada di Masa Lalu

Bermimpi-Sedang-Ada-di-Masa-Lalu-scaled

Sebagian besar mimpi memang muncul dari kenangan-kenangan yang tersimpan dalam memori, maka tidak heran jika Anda sering bermimpi mengenai masa lalu.

Namun hat-hati, jika terlalu sering bermimpi tentang masa lalu bisa jadi Anda terjebak dalam kenangan lama. Tafsir mimpi tentang masa lalu bisa juga berarti Anda masih belum bisa melupakan kenangan bersama orang yang sudah pergi.

Sebenarnya Anda bisa menghindari mimpi seperti ini, dengan mengendalikan pikiran dan emosi Anda sehari-hari.

Mencoba melupakan dan merelakan semua kejadian di masa lalu, akan membuat tidur Anda semakin berkualitas dan tidak dihantui oleh mimpi-mimpi yang mengganggu. Masa lalu memang harus direlakan, bukan malah membuat hidup Anda yang sekarang menjadi terganggu.

Tafsir Mimpi Menurut Pandangan Umum

Tafsir-Mimpi-Menurut-Pandangan-Umum

Dalam catatan sejarah peradaban manusia, mimpi menjadi suatu hal yang ‘misterius’ dan hingga kini masih menjadi objek penelitian. Sudah banyak adat, budaya, parameter ilmiah yang meneliti mimpi dengan tujuan memperoleh mimpi yang prophetik atau memuat pesan dari Tuhan.

Konon kaum Yahudi memiliki ritual “Hatavat Halom”, yaitu membuat mimpi agar lebih baik. Jadi ketika seseorang bermimpi, maka mimpi tersebut akan ditafsirkan oleh seorang rabbi atau penafsir mimpi, untuk dapat memahami makna tersirat yang dikandungnya.

Mimpi memiliki makna masing-masing dari setiap sudut pandang berbeda, ada yang menganggapnya sebagai petunjuk, ada juga yang menghiraukannya dan menganggap hanya sebagai bunga tidur.

Secara fisiologis mimpi adalah respon dari proses saraf saat tidur, secara psikologis mimpi adalah cerminan alam bawah sadar, sedangkan secara spiritual mimpi adalah pesan Tuhan dan bahasa jiwa.

Tafsir Mimpi Menurut Pandangan Islam

Tafsir-Mimpi-Menurut-Pandangan-Islam

Agama Islam sendiri sudah memberi penjelasan khusus mengenai mimpi, Allah berfirman dalam Qs. Al Mujaadillah ayat 10 yang bunyinya “Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu berasal dari setan, dengan tujuan agar orang yang beriman menjadi berduka cita, sedangkan pembicaraan itu tidak memberikan mudharat apapun kepada mereka kecuali dengan izin Allah,”

Maksudnya, mimpi yang buruk itu biasanya berasal dari setan dengan tujuan membuat orang-orang yang beriman menjadi sedih karena mempercayai mimpi tersebut. Padahal tidak ada satu pun manfaat yang dapat diambil dari mimpi tersebut.

Beberapa hadits juga menyebutkan, bahwa jika Anda mimpi buruk sebaiknya ubah posisi tidur, meludah ke kiri 3x, dan jangan menceritakannya pada orang lain.

Begitu juga dengan mimpi indah, dalam beberapa hadits pernah dijelaskan bahwa mimpi indah yang dialami seseorang dapat memiliki makna tersendiri dan menjadi kenyataan.

Dengan kata lain, bahwa mimpi tersebut benar-benar pesan dari Tuhan. Namun hal itu tidak terjadi pada sembarangan orang, jadi Anda tidak bisa langsung menarik kesimpulan bahwa setiap mimpi adalah pesan dari Tuhan.

Setiap orang pasti pernah bermimpi, entah itu mimpi indah atau mimpi buruk. Arti mimpi kembali ke masa lalu menurut islam, memiliki makna yang berbeda-beda tergangtung bagaimana alur cerita yang Anda lihat dalam mimpi tersebut.

Bisa saja mimpi tersebut bertanda baik atau bahkan buruk, Anda juga bisa mengendalikan pikiran dan kesehatan mental agar terhindar dari mimpi buruk.

Artikel lainnya :