Arti Ya Muqollibal Qulub

Apakah Anda pernah mendengar kalimat dalam Bahasa Arab yang berbunyi ya muqollibal qulub? Ternyata kalimat tersebut adalah doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah SAW. Apakah sebetulnya arti ya muqollibal qulub tersebut?

Apa pula kiranya makna yang hendak disampaikan dari doa tersebut? Sebelum memanjatkan doa kepada Allah SWT, lebih baik kita mengetahui arti dan pemaknaanya terlebih dahulu, agar terasa lebih paham dan khusyuk.

Sejarah Hadits dan Arti Ya Muqollibal Qulub

Sejarah-Hadits-dan-Arti-Ya-Muqollibal-Qulub

ya muqollibal qulub (يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ), adalah kalimat berupa penggalan doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah kepada Allah SWT, dan memiliki arti: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati”. Dzat yang dimaksud adalah Allah Subhanahu Wata’ala., yang mampu dengan mudah membolak – balikkan hati manusia,

untuk lebih lengkapnya, berikut bunyi doanya secara utuh:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik, yang artinya adalah Arti: Wahai Zat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.

Terdapat sebuah hadits yang menjelaskan mengapa Rasulullah sering memanjatkan doa ini, yaitu:

Syahr bin Hawsyab mengatakan bahwa ia bertanya pada istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Ummu Salamah,

 يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ مَا كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا كَانَ عِنْدَكِ

“Wahai Ummul Mukminin, apa doa’a yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika berada di sisimu?”

Ummu Salamah pun menjawab,

كَانَ أَكْثَرُ دُعَائِهِ « يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ ».

“Yang sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, ’Ya muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘ala diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkan lah hatiku di atas agama-Mu)’.

Ummu Salamah pun pernah bertanya kepada Rasulullah 

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا لأَكْثَرِ دُعَائِكَ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

“Wahai Rasulullah kenapa engkau lebih sering berdoa’a dengan doa’a, ’Ya muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘ala diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkan lah hatiku di atas agama-Mu)’. ”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian menjawab,

يَا أُمَّ سَلَمَةَ إِنَّهُ لَيْسَ آدَمِىٌّ إِلاَّ وَقَلْبُهُ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ فَمَنْ شَاءَ أَقَامَ وَمَنْ شَاءَ أَزَاغَ

“Wahai Ummu Salamah, yang namanya hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Allah. Siapa saja yang Allah kehendaki, maka Allah akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Allah pun bisa menyesatkannya.”

Kemudian, Mu’adz bin Mu’adz (yang meriwayatkan hadits ini) membacakan ayat,

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami.” (QS. Ali Imran: 8) (HR. Tirmidzi, no. 3522; Ahmad, 6: 315. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini Hasan. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa ya muqollibal qulub merupakan penggalan doa yang memiliki arti wahai dzat yang membolak-balikkan hati, yang secara lengkap, doanya berbunyi:

“Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik”

Artinya: Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati teguhkan lah hatiku di atas agama-Mu.

Doa tersebut merupakan ungkapan yang sering dipanjatkan Rasul yang meminta untuk selalu diteguhkan iman dan berada pada jalan dan agama Allah SWT.

Mengapa demikian? Karena iman itu seringkali bersifat tidak konsisten. Terkadang ia bisa murni, kuat, lembut, juga bercahaya. Kemudian, ia bisa saja menjadi lemah dalam, hitam, juga menolak kebenaran.

Hanya Allah lah sebaik-baik tempat meminta dan sebaik-baiknya pemberi pertolongan. Hanya ialah Dzat yang mampu memberi rahmat dan hidayah pada hamba yang dikehendaki-Nya, untuk itu kita disarankan untuk sering melafalkan doa tersebut, agar senantiasa terjauh dari jalan buruk nan menyesatkan.

Makna Ya Muqollibal Qulub

Makna-Ya-Muqollibal-Qulub

Setelah mengetahui arti ya muqollibal qulub dan hadits yang meriwayatkannya, Anda pasti sudah lebih paham mengenai doa tersebut. Beberapa makna yang bisa diambil dari doa tersebut ialah:

  • Permintaan kepada Allah agar hati kita, sebagai hambanya, selalu istiqomah (tetap berada di jalanNya)
  • Memahami bahwa iman manusia sifatnya mudah berubah, bisa naik dan turun dengan cepat, untuk itu, doa ini harus sering dipanjatkan agar keteguhan itu tetap ada.
  • Membuat kita sebagai manusia selalu ingat kepada sang pencipta, yaitu Allah
  • Meyakini betul bahwa apa yang terjadi pada manusia adalah kehendak dari Allah
  • Mengikuti dan meneladani doa yang dipanjatkan Rasulullah
  • Sebagai sarana untuk memperbaiki hati dan kondisi keimanan yang sempat turun
  • Hati merupakan cermin kehidupan seseorang yang harus selalu dijaga. Jika hati buruk maka hal buruk lah yang akan dilakukan. Sebaliknya jika hati selalu terjaga dengan bersih, maka perilaku yang ditunjukkan pun akan baik.
  • Meyakini bahwa Allah adalah Dzat yang maha segalanya, kita tidak akan ada apa-apanya tanpa rahmat dan karunia yang diberikan Allah.
  • Senantiasa takut untuk berbuat maksiat dan selalu ingin untuk berbuat baik
  • Sarana untuk mendekatkan diri seorang hamba kepada Tuhannya
  • Mengetahui cara berdoa yang baik
  • Menjadi makhluk yang ingin lebih baik dari sebelumnya

Manfaat Doa Ya Muqollibal Qulub

Manfaat-Doa-Ya-Muqollibal-Qulub

Terdapat sejumlah hal yang terkandung dalam doa tersebut, diantaranya:

1. Menenangkan Hati

Salah satu hal yang diinginkan banyak orang dalam menjalani kesehariannya adalah ketenangan hati. Tanpa perasaan yang tenang, hidup akan dihantui rasa gelisah dan ketidaknyamanan.

Doa yang diucapkan ini mampu membawa hati kita lebih terasa tentram karena adanya penjagaan dari Yang Maha Esa, sehingga dalam menjalani kehidupan ini, baik dalam bekerja maupun beribadah, kita akan lebih fokus serta optimal.

2. Keteguhan Iman Menjadi Lebih Kuat

Iman adalah hal yang mudah berubah dan terbolak-balik. Bisa tinggi lalu seketika rendah, bisa kotor lalu menjadi bersih dan lain sebagainya. Ucapan doa ini merupakan upaya untuk kita selalu memegang keteguhan keimanan dan keislaman.

Inti dari doa yang disampaikan tersebut adalah untuk keimanan yang lebih kuat dan agar tetap istiqomah di jalanNya. Untuk itu, orang yang membaca doa Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik, biasanya keimanannya akan lebih terjaga.

3. Lebih Dekat Pada Sang Pencipta

Doa merupakan cara seorang hamba berkomunikasi pada tuhannya. Allah SWT menyukai hambanya yang sering berdoa. Untuk itu, jika kita sering mengucapkan doa ini, maka kita akan lebih dekat denganNya.

Doa ini juga merupakan upaya untuk selalu mengingat dan menempatkan Allah di hati, pikiran dan setiap langkah manusia agar terhindar dari sesuatu yang buruk, maksiat atau jalan yang dibenci Allah SWT.

Nah, ternyata arti ya muqollibal qulub memiliki makna yang sangat mendalam, karena merupakan doa yang sering diucapkan oleh hamba terbaik yaitu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yang harus diteladani oleh manusia agar tetap berada di jalan Allah Subhanahu Wata’ala.

Sebagai muslim yang baik, tidak ada salahnya untuk mengikuti doa tersebut. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya :