5 Contoh Saran dalam Makalah

Anda mau membuat karya tulis, tapi bingung strukturnya apa saja? Satu hal yang paling penting dan jangan sampai terlewatkan adalah bagian saran. Tak heran jika banyak orang-orang yang mencari contoh saran dalam makalah untuk dijadikan referensi.  

Menulis saran pada dasarnya tidak harus mengikuti pedoman atau aturan tertentu. Lalu, bagaimana cara menuliskannya dengan benar? Berikut beberapa contohnya yang bisa Anda jadikan rujukan.

Contoh Saran dalam Makalah Penelitian

Menulis saran bisa dilakukan di berbagai karya tulis, baik makalah, essay, skripsi, laporan, dan lain-lain. Pada dasarnya penggunaannya hampir sama di setiap karya tulis. Hanya saja, rangkaian kata-katanya yang perlu disesuaikan. Berikut beberapa contoh saran dalam karya tulis makalah.

1. Contoh Saran Makalah Kewarganegaraan

Contoh Saran Makalah Kewarganegaraan

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Meskipun zaman semakin berkembang, penerapan UUD 1945 dan Pancasila di berbagai bidang tetap perlu dilakukan. Hal ini demi kehidupan berbangsa dan bernegara yang tetap damai dari waktu ke waktu. Di era inilah yang membuat bangsa Indonesia tetap berpendirian menjaga keutuhan kehidupan bermasyarakat.

Meskipun  pada dasarnya setiap negara tidak bisa menghindar dari era globalisasi, namun kehidupan bermasyarakat tetap harus mengedepankan nilai moral dan agama. Alangkah ruginya apabila kehidupan globalisasi tidak difilter sesuai dengan kebudayaan Pancasila. Apalagi jika terjadi kemunduran moral pada masyarakatnya. 

Saran

Saya hendak memberi masukan terkait berkembangnya era globalisasi khususnya di tanah air. Dalam hal ini, perbaikan diperlukan di berbagai sendi kehidupan. Terutama di bidang sosial, budaya, dan politik. UUD dan nilai Pancasila perlu dijaga oleh segenap bangsa indonesia. Hal ini harus beriringan dengan pengaruh era globalisasi yang tidak dapat dihindari.

Saya yakin bahwa bangsa ini dapat memiliki kehidupan yang lebih baik jika memegang erat pedoman ini. Nilai yang terkandung dalam Pancasila diperoleh dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sejak dahulu. 

Bangsa kita dikenal sebagai bangsa yang ramah, santun, dan senang bergotong royong. Oleh karena itu, nilai moral dan Pancasila tetap perlu diperhatikan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih.

2. Contoh Saran Makalah Bahasa Indonesia/Jurnalistik

Contoh Saran Makalah Bahasa Indonesia:Jurnalistik

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan makalah di atas, dapat disimpulkan bahwa makalah bertema “Tata Bahasa dalam Jurnalistik Nusantara” menggambarkan bahwa bahasa yang digunakan dalam kegiatan jurnalistik ternyata cukup luas. Penggunaan bahasa yang tepat sangat penting, mengingat kegiatan jurnalistik berhubungan dengan penyampaian informasi.

Hal ini perlu dipahami mengingat latar belakang masyarakat Indonesia yang kental dengan budaya yang beragam. Bahasa yang digunakan pun berbeda-beda. Bahasa daerah bisa dipergunakan dalam kegiatan jurnalistik. Disamping sebagai kebutuhan informasi, hal ini juga bermanfaat untuk melestarikan bahasa daerah setempat.

Saran 

Penulis berpendapat bahwa kegiatan jurnalistik memang memerlukan cara penyampaian informasi dengan bahasa yang luas dan terarah. Suatu informasi tidak cukup hanya aktual, melainkan perlu diperhatikan tata bahasa yang digunakan. Mengingat masyarakat tanah air begitu beragam, kegiatan jurnalistik pun banyak menyedot perhatian.

Bahasa baku dalam jurnalistik memang penting, namun ada tata bahasa lain yang bisa digunakan. Mengingat bahasa yang baik dan mudah dicerna bisa mempengaruhi karya jurnalistik yang dibuat.

3. Contoh Saran Makalah Tema Metode Ajar

Contoh Saran Makalah Tema Metode Ajar

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan data yang diungkapkan di atas, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut :

  • Metode belajar “guru sentris” masih banyak dilakukan hingga saat ini. Padahal, proses pembelajaran bisa dikembangkan lebih inovatif. Hal ini bertujuan agar siswa banyak mendapatkan banyak pengalaman dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, metode belajar bisa dikembangkan menjadi lebih inovatif dan kreatif.
  • Alat peraga yang baik dan efektif dibutuhkan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan kontekstual. Tentunya, hal ini tidak lepas dari dibutuhkannya tenaga guru yang profesional.
  • Alat peraga dalam proses belajar berfungsi untuk membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih menarik, kreatif, aktif, dan dinamis. Oleh karena itu, keberadaannya sangat penting untuk perkembangan metode pembelajaran.
  • Para siswa dan siswi diharapkan dapat menerapkan informasi pembelajaran yang didapat dengan lebih rasional dan proporsional. Hal ini berkaitan dengan penyediaan alat peraga yang kreatif dan inovatif.

Saran

Penulis menyarankan beberapa konsep dasar yang bisa diambil terkait proses pembelajaran inovatif di atas, yaitu :

  • Menyediakan alat peraga sederhana agar proses pembelajaran dapat dilakukan dengan leluasa oleh tenaga pengajar. Hal ini bertujuan agar terciptanya guru-guru yang lebih profesional dalam kegiatan pendidikan.
  • Untuk pengembangan dan penyediaan alat peraga inovatif, peran manajeman dan gugus sekolah sangat penting. Mengingat media pendidikan berupa alat peraga bisa membuat proses pembelajaran lebih aktif dan kreatif.
  • Penulis juga mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun atas penulisan makalah di masa mendatang.

4. Saran Makalah Teknologi/Sistem Informasi

Contoh Saran Makalah Teknologi:Sistem Informasi

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian mengenai “Sistem Informasi untuk Produktivitas Perusahaan” di atas, Saya simpulkan beberapa hal penting berikut ini :

  • Perusahaan menjadi lebih terbantu dengan adanya Sistem Informasi Produk yang diterapkan.
  • Perusahaan memiliki akses yang mudah untuk mengetahui informasi seputar ketersediaan dan transaksi barang.
  • Sebuah Sistem Informasi yang efektif dapat membuat produktivitas perusahaan meningkat. Hal ini karena kemudahan akses data juga berpengaruh dalam keberlangsungan kegiatan produksi.

Saran 

Penulis tentu menyarankan beberapa hal terkait pengadaan “Sistem Informasi untuk Produktivitas Perusahaan”, yaitu sebagai berikut :

  • Pengadaan sistem informasi dalam perusahaan bisa dimulai dengan menambah beberapa perangkat pendukung. Misalnya komputer yang menjadi perangkat keras penting dalam mengatur sebuah sistem informasi.
  • Rekrutmen karyawan berdasarkan keahlian sangat penting dilakukan demi produktivitas. Hal ini penting, mengingat perkembangan sistem informasi yang semakin meluas.

5. Saran Makalah Politik Ideologi Pancasila

Contoh Saran Makalah Politik Ideologi Pancasila

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Rekonsiliasi pada makalah media islami memang diperlukan guna menciptakan pola pemikiran yang tidak terpecah-pecah terhadap pemberitaan media. Hal ini sangat penting mengingat NKRI berlandaskan ideologi Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara. 

Masyarakat tanah air terdiri dari multi ras, suku, budaya, dan agama. Oleh sebab itu, proteksi terhadap radikalisme perlu dilakukan lebih dalam terkait pemberitaan media saat ini. Pendekatan secara hukum dan agama oleh ahlinya diperlukan agar generasi muda dapat membentuk sikap kritis tanpa menelan mentah-mentah pemberitaan.

Saran

Saran yang bisa penulis berikan adalah sebagai berikut :

Diperlukan metode penelitian lebih lanjut dan akurat terkait isu radiakalisme. Terutama upaya pendekatan melalui diskusi pada generasi muda bersama para tokoh yang ahli di bidangnya serta memiliki kredibilitas. Hal ini sangat penting mengingat perkembangan media massa yang sangat pesat. 

Selain itu, upaya ini dilakukan untuk membentengi diri dari pemberitaan yang mengadu domba dan isu radikalisme di masyarakat. Pihak pemerintah dan masyarakat perlu bersinergi memerangi isu yang bisa membuat tatanan kehidupan masyarakat terpecah belah.

Demikian berbagai contoh saran yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa contoh saran dalam makalah di atas bisa Anda jadikan referensi. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah isi dari pembahasan makalah sebelum menuangkannya ke dalam kesimpulan. Selain itu, gunakan bahasa baku yang sopan dan sesuai kaidah KBBI agar lebih terarah.

Artikel Lainnya :