Doa Masuk Rumah

Dalam kehidupan umat Muslim, semua telah diatur dari bangun tidur hingga tiba saatnya untuk menutup mata kembali. Agar semua kegiatan bernilai pahala, maka kita diharuskan untuk membaca doa. Mulai dari doa bangun tidur, doa sebelum dan sesudah makan, masuk kamar mandi, doa masuk rumah dan lain sebagainya.

Pada intinya, saat kita akan melakukan sesuatu dan setelah selesai menjalaninya, disunahkan untuk membaca doa. Termasuk saat akan keluar juga masuk ke dalam rumah.

Rumah adalah tempat dimana kita tinggal, berlindung, juga melakukan beberapa aktivitas di dalamnya, rumah yang baik adalah tempat yang sering dibacakan ayat-ayat Allah di dalamnya.

Doa Masuk Rumah (Arab, Latin, Terjemahan)

Doa-Masuk-Rumah-Arab-Latin-Terjemahan

Sebelum masuk rumah, kita biasa mengucapkan salam. Tujuannya adalah untuk mendatangkan rahmat dan keberkahan pada kita dan pemilik rumah. Setelah itu, bacalah doa masuk rumah, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allâhumma innî as’aluka khairal mauliji wa khairal makhraji bismillâhi walajnâ wa bismillâhi kharajnâ wa ‘ala-Llâhi rabbinâ tawakkalnâ

Artinya:

“Duhai Allah, aku memohon sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar. Atas nama-Mu kami masuk dan atas nama-Mu kami keluar. Dan kepada Allah Tuhan kamilah kami bertawakal.” 

Ada pula doa yang dibaca ketika kita akan masuk ke dalam rumah kosong:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina

Artinya:

“Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh”

Baca Juga : Biidznillah Artinya

Adab Masuk Rumah

Adab-Masuk-Rumah

Adab adalah serangkaian aturan atau norma yang berdasar pada aturan agama. Oleh karena itu, tata cara atau adab sebelum masuk rumah adalah:

1. Mengetuk Pintu

Dalam mengetuk pintu ini juga ada tata caranya tersendiri, yaitu tidak boleh terlalu keras. Atau, jika di rumah tersebut terdapat bel, pencetlah bel tersebut dengan tenang. Tidak boleh dilakukan dengan keras dan secara terus menerus, karena bisa mengganggu pemilik rumah.

2. Mengucapkan salam (assalamualaikum)

Salam adalah salah satu cara umat muslim mendoakan satu sama lain.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Artinya:

semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan keberkahan untukmu. atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu.

Lalu, salah satu kewajiban muslim atas muslim lainnya adalah menjawab salam. Maka, katakanlah:

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

            wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Artinya:

Dan semoga kepada kamu (atau kalian) keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah.

3. Membaca doa masuk rumah

Bacalah doa masuk rumah tersebut dengan niat karena Allah Ta’ala.

4. Melangkah dengan kaki kanan terlebih dahulu

Anjuran dari Rasulullah SAW, saat hendak memasuki rumah, dahulukan lah kaki kanan terlebih dahulu.

Hadits Tentang Doa Masuk Rumah

Hadits-Tentang-Doa-Masuk-Rumah

Terdapat hadits yang menyatakan bahwa membaca saat masuk rumah itu disunahkan, yaitu:

Rasulullah bersabda: “Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim 2018)

Keutamaan Membaca Doa Masuk Rumah

Keutamaan-Membaca-Doa-Masuk-Rumah

Ada beberapa keutamaan serta makna yang bisa kita dapatkan dengan membaca doa dari rumah ini, seperti:

  • Mendapat keberkahan
  • Terhindar dari adanya gangguan setan/ jin
  • Melindungi diri dari segala marabahaya

Doa Keluar Rumah (Arab, Latin, Artinya)

Doa-Keluar-Rumah-Arab-Latin-Artinya

Saat akan ke luar dari rumah pun, kita harus senantiasa berdoa terlebih dahulu. Lafadz doa keluar rumah ialah seperti berikut:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa billaahi

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.

Baca Juga : Tafadhol Artinya

Adab Keluar Rumah

Adab-Keluar-Rumah

Aturan atau norma yang dijelaskan dalam agama Islam, sebelum keluar rumah, hendaknya kita:

1. Mendirikan Shalat Dua Rakaat

Hal ini agar menghindarkan diri kita dari ancaman, segala bahaya, ataupun bencana yang bisa terjadi di luar sana.

2. Membaca Doa Keluar Rumah

Bacalah doa tersebut dan niatkan karena Allah

3. Mengangkat Pandangan ke Atas

Adab ini sesuai dengan yang dianjurkan oleh Nabi, yaitu mengangkat wajah ke arah langit seraya membaca doa keluar rumah.

4. Melangkah dengan Kaki Kanan

Segala sesuatu yang baik, dianjurkan untuk dilakukan dengan mendahulukan sisi kanan. Termasuk saat akan keluar rumah, karena ada aktivitas atau kegiatan baik yang akan kita laksanakan.

5. Membaca Doa Naik Kendaraan

Ketika kita keluar rumah untuk bepergian menggunakan kendaraan, bacalah doa seperti berikut ini:

بِساَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَـٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَـٰذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ

Allaahu akbar (3x), (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun), allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzal birro wat-taqwaa, wa minal ‘amali maa tardhoo, allaahumma hawwin ‘alainaa safaronaa haadzaa wathwi ‘annaa bu’dah, allaahumma antash-shoohibu fis-safari wal kholiifatu fil ahli, allaahumma innii a’uudzu bika min wa’tsaa-is-safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya:

Allah Maha Besar (3x). (Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Yaa Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang meridhakanMu. Yaa Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga(ku). Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang jelek dalam harta dan keluarga.

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Keutamaan-Doa-Keluar-Rumah

Ada hikmah yang bisa kita petik dengan membacakan doa sebelum keluar rumah, yaitu:

  • terlindung dari bahaya dan ancaman di luar sana
  • Mendapat petunjuk dari Allah SWT
  • Mendapat rezeki yang tak disangka
  • Dicukupkan kebutuhannya oleh Allah
  • Hati lebih tenang
  • Urusan dilancarkan

Ternyata, segala kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari telah diatur oleh Allah melalui berbagai doa dan adab yang harus kita amalkan.

Selain bertujuan untuk selalu mendapat perlindungan dari Allah, doa juga membuat hati menjadi lebih tenang, dan merasa dekat dengan sang pencipta.

Jadi, mulai sekarang, jangan lupa berdoa ya!

Artikel Lainnya :