Energi Dalam Sistem Kehidupan

Mungkin bagi Anda kata energi sudah tidak asing lagi didengar. Namun tahukah Anda apa itu energi dan bagaimana konsep energi dalam sistem kehidupan? Agar bisa bergerak, bernapas, dan melakukan pekerjaan manusia membutuhkan energi.

Dengan adanya energi, tentu saja menyebabkan kendaraan seperti mobil, motor, pesawat, dan lain sebagainya dapat berjalan. Dari contoh tersebut, bisa disimpulkan Anda dapat menemukan energi dimana-dimana termasuk tumbuhan dan hewan. Singkap lengkapnya di sini.

Pengertian Energi

pengertian-energi

Pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan perubahan atau kemampuan untuk melakukan usaha. Kata energi memiliki arti sebagai aktivitas atau kegiatan. Dengan demikian, kemampuan organisme mengubah energi akan mempengaruhi sistem kerja kehidupannya.

Macam-macam Energi Dalam Sistem Kehidupan

Dalam sistem kehidupan energi dibagi menjadi beberapa bentuk diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Energi Potensial

Energi-Potensial

Energi potensial adalah suatu energi yang dimiliki oleh suatu benda atau materi yang lyang berada di atas permukaan dan memiliki ketinggian. Air yang berada di dalam bendungan merupakan salah satu materi yang menyimpan energi potensial.

Hal tersebut dikarenakan bendungan berada di atas permukaan bumi dan memiliki ketinggian.

Selain itu, suatu benda yang terletak di atas meja juga merupakan contoh dari energi potensial gravitasi. Energi memiliki kemampuan untuk berubah bentuk dan energinya tidak akan hilang.

Sebagai contoh ialah energi listrik yang dapat berubah menjadi energi panas dan energi kimia yang dimiliki asam cuka dapat berubah menjadi energi listrik.

Apabila letak suatu benda atau materi semakin tinggi maka energi potensial yang dimiliki akan semakin besar. Energi potensial dapat dibagi menjadi beberapa macam diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Energi Potensial Elastisitas

Merupakan energi yang terdapat pada suatu materi atai benda yang dapat atau sedang direnggangkan. Jika menginginkan energi potensial elastisitas yang semakin besar maka perenggangan yang dilakukan harus semakin jauh.

b. Energi Potensial Kimia

Merupakan energi yang dimiliki oleh suatu zat yang ada di kehidupan. Biasanya energi ini diterapkan dalam suatu makanan. Oleh sebab itu manusia yang mengonsumsi makanan akan mendapat energi kimia untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

c. Energi Potensial Listrik

Pada energi potensial ini terdapat di dalam arus listrik dan juga muatan listrik. Energi ini termasuk yang paling banyak dan paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. tersebut dikarenakan energi ini mudah jika ingin diubah menjadi energi lain sesuai kebutuhan.

2. Energi Kinetik

Energi-Kinetik

Energi kinetik adalah suatu energi yang dimiliki materi yang sedang bergerak dan berpindah tempat. Dan sering disebut juga dengan energi pergerakan karena setiap benda atau materi yang bergerak pasti memiliki energi ini. Objek dari energi kinetik biasanya akan bergerak melakukan kerja dengan menggerakan benda lain.

Contoh dari energi kinetik ialah seorang pemain biliar akan mendorong bola dengan cara menggerakan tongkat biliar. Kemudian bola yang dikenai tongkat biliar akan bergerak dan menggerakan bola lain serta berpindah tempat.

Anda dapat mengamati anak-anak ketika sedang bermain perosotan untuk menemukan perbedaan energi kinetik dengan energi potensial. Ketika seorang anak meluncur turun dari perosotan maka energi potensial akan berubah menjadi energi kinetik.

Sedangkan ketika seorang anak menaiki perosotan maka energi kinetik akan berubah menjadi energi potensial.

Sumber Energi

Sumber-Energi

Sumber energi merupakan sesuatu yang mampu menghasilkan energi. Keberadaan sumber energi sangat penting bagi kehidupan manusia karena energi memiliki peranan penting. 

1. Sumber Energi Tak Terbarukan

Minyak bumi, gas alam, dan batu bara merupakan energi tak terbarukan yang paling sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat dua macam sumber energi tak terbarukan yaitu energi hasil tambang bumi dan energi nuklir.

2. Sumber Energi Terbarukan

Panas matahari, biogas dari kotoran ternak, angin, dan air yang mengalir merupakan sumber energi yang pada saat ini sedang dikembangkan. Sumber energi terbarukan dibedakan menjadi beberapa macam, yakni:

  • Energi matahari
  • Energi angin
  • Pembangkit listrik tenaga air
  • Energi tidal

Makanan Sebagai Sumber Energi

Makanan-Sebagai-Sumber-Energi

Energi dalam sistem kehidupan terdapat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup sebagai sumber energi. Apabila manusia terpenuhi asupan makanannya maka energinya akan terpenuhi dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa zat makanan yang digunakan sebagai sumber energi, yakni sebagai berikut:

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa kimia yang di dalamnya tersusun dari unsur-unsur karbon. Contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat ialah beras, kentang, umbi-umbian, jagung, dan lain sebagainya.

2. Protein

Protein adalah senyawa kimia yang di dalamnya mengandung unsur C, H, O, N. Selain sebagai sumber energi protein juga berfungsi dalam pembangunan sel dan jaringan tubuh. Contoh bahan makanan yang mengandung protein diantaranya ialah:

  • Protein hewani: daging, keju, susu, telur, dan ikan.
  • Protein nabati: tahu, tempe, bayam, jamur, kembang kol, dan lain-lain.

3. Lemak

Lemak adalah senyawa kimia yang di dalamnya mengandung unsur C, H, dan O. Selain sebagai sumber energi, lemak berfungsi melarutkan vitamin dan menyediakan asam lemak esensial untuk tubuh. Contoh bahan makanan yang mengandung lemak diantaranya ialah:

  • Lemak hewani: telur, daging, keju, dan susu.
  • Lemak nabati: kedelai, kacang-kacangan, alpukat, dan lain-lain.

Transformasi Energi Dalam Sel

Transformasi-Energi-Dalam-Sel

Merupakan transformasi yang terjadi di dalam sel tepatnya pada organel. Sebuah energi akan mengalami transformasi dari energi kimia makanan (energi potensial) menjadi energi panas dan energi gerak (energi kinetik). Sedangkan pengertian transformasi energi adalah proses untuk mengubah energi dari suatu bentuk ke bentuk lainnya yang berbeda.

1. Transformasi Energi oleh Klorofil

Transformasi oleh klorofil hanya dilakukan oleh tumbuhan hijau saja. Karena tumbuhan hijau memiliki klorofil. Klorofil merupakan zat hijau yang ada pada kloroplas.

2. Transformasi Energi oleh Mitokondria

Pada transformasi ini energi kimia akan digunakan untuk mengubah karbohidrat, lemak, dan protein. Mitokondria merupakan salah satu organel di dalam sel yang berperan dalam respirasi sel.

Metabolisme Sel

Metabolisme-Sel

Merupakan proses kimia terdiri dari anabolisme dan katabolisme yang terjadi di dalam sel makhluk hidup. Anabolisme adalah penyusunan atau penyatuan energi. Sedangkan katabolisme adalah penguraian energi. Dalam metabolism sel terjadi beberapa proses diantaranya sebagai berikut:

1. Fotosintesis

Merupakan proses perubahan energi cahaya menjadi energi kimia ke dalam bentuk glukosa. Bisa disebut juga sebagai proses perubahan karbondioksida dan air menjadi glukosa dengan bantuan cahaya matahari.

2. Respirasi

Merupakan suatu proses pelepasan energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen. Energi yang dilepas tersebut berada di dalam zat sumber energi. Terdapat dua macam respirasi, yakni:

  • Respirasi Aerob: respirasi yang menguraikan glukosa dengan bantuan oksigen.
  • Respirasi Anaerob: respirasi yang menguraikan glukosa tanpa bantuan oksigen.

Jadi, energi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari karena peranannya yang penting. Manusia, tumbuhan, hewan, bahkan sutau benda atau materi membutuhkan energi untuk dapat melakukan kerja.

Dengan demikian, itulah mengapa Anda harus mengonsumsi makanan yang cukup karena untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya :