Fii Amanillah Artinya dan Penjelasannya

Pernahkah Anda menggunakan atau mendengar seseorang menggunakan kata Fii Amanillah? Sebagai seorang Muslim, ada ucapan yang lebih dianjurkan untuk menyebutkan ‘Selamat jalan’ atau hanya sekedar ‘Hati-hati di jalan’, kata itu adalah Fii Amanillah. Kira-kira Fii Amanillah artinya dan penjelasannya itu apa ya?

Sederhananya, ucapan tersebut adalah sebuah doa keselamatan. Agar menghindari kesalahan baik dalam memahami maupun menerapkannya maka informasi tentang Fii Amanillah artinya dan penjelasannya perlu Anda baca. 

Cara Penulisan Fii Amanillah (Latin)

Cara-Penulisan-Fii-Amanillah-Latin

Terdapat tiga kata yang digabung dalam Fii Amanillah. Pertama adalah ‘fii’ yang bisa diartikan ‘di’ atau ‘di dalam’. Kemudian ‘amani’ yang berarti keamanan, penjagaan dan perlindungan. Ketiga yaitu ‘illahi’ yang artinya Allah. Penggabungan dari kata tersebut membentuk rangkaian arti “dalam penjagaan Allah” atau “semoga engkau selalu berada dalam lindungan Allah.”  

Karena muncul arti ‘keamanan’ dalam salah satu kata, Fii Amanillah juga dapat dimaknai dengan “keamanan yang senantiasa Allah berikan”. Maksud keamanan yang diberikan bukan hanya untuk satu kondisi saja melainkan kondisi apapun. Sekalipun risiko dari kondisi yang akan dihadapi terasa kecil. 

Dalam hal penulisan, terdapat beberapa versi yang sering dijumpai antara lain:

  1. Menuliskannya dengan “Fii Amanillah”
  2. Menulisnya dengan “Fee Amanillah”
  3. Menulisnya dengan versi “Fi Aman illah” 
  4. Dapat juga ditulis “Fi Aman Allah”
  5. Versi terakhir yaitu “Fi Amanillah” 

Lebih detailnya, ucapan Fii Amanillah menyiratkan doa dan harapan yang kuat untuk seseorang agar dijauhkan dari segala bahaya oleh Allah dalam perjalanan atau aktifitas tertentu. Maka dari itu, Anda harus melafalkannya dengan benar dan ikhlas agar Allah mengabulkan.  

Pelafalan Fii Amanillah dan Penjelasannya

Pelafalan-Fii-Amanillah-dan-Penjelasannya

Bagaimana pelafalan yang benar? Kata ‘fii’ harus diucapkan panjang 2 huruf sehingga merujuk pada makna ‘di dalam’. Sedangkan untuk ‘amanillah’ tetap diucapkan seperti tulisannya. Salah kaprah apabila dilafalkan dengan /amanilloh/ karena menganggap sama seperti pelafalan /Alloh/. Hindari mengucapkannya secara asal-asalan karena bisa jadi dapat mengubah arti.

Variasi Kata Fii Amanillah

Variasi-Kata-Fii-Amanillah-scaled

Soal variasi ucapan Fii Amanillah, terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Semua pilihan memiliki arti yang baik. Berikut 5 variasi yang umum: 

  • Alhamdulillah Fii Amanillah, mengandung makna segala puji semata hanya untuk Allah dan semoga engkau selalu mendapatkan perlindungan dari-Nya;
  • Barakallah Fii Amanillah, mengandung arti semoga Allah memberikan keberkahan dan engkau selalu dilindungi oleh Dia; 
  • Ma’assalamah Fii Amanillah, memiliki makna semoga keselamatan senantiasa menyertai dan semoga Allah memberikan perlindungan;
  • Kuntum Fii Amanillah, mengandung arti semoga engkau selalu dilindungi oleh Allah;
  • Fii Amanillah Wassalamah, artinya semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan-Nya dan engkau dapat selamat;
  • Spesifik untuk kondisi tertentu, Anda juga bisa mengucapkan dengan “Penerbangan lancar Fii Amanillah” artinya semoga engkau berada di bawah perlindungan Allah selama penerbangan.  

Makna dari Fii Amanillah 

Makna-dari-Fii-Amanillah

Dari Fii Amanillah artinya dan penjelasannya, maka dapat ditarik tiga kandungan besar dari Fii Amanillah. Ketiga hal berikut ini akan membuat Anda semakin paham akan pentingnya mengucapkan Fii Amanillah kepada saudara Muslim:  

1. Mendoakan Keselamatan Sesama Muslim

Kalimat Fii Amanillah adalah sebuah doa yang kita panjatkan untuk orang lain. Walaupun tidak sembari menengadahkan tangan dalam keadaan khusyuk seperti selepas sholat. 

Dikutip dari Hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwa Rasulullah bersabda yang artinya “Setiap kali seorang Muslim mendoakan kebaikan bagi saudaranya maka malaikat akan mengucapkan ‘aamiin’ dan untukmu juga seperti itu”.

Sungguh agung, bukan? Bahkan malaikat turut mendoakan dan doa baik tersebut akan berbalik kepada diri Anda. Oleh sebab itu, biasakan mengucapkan Fii Amanillah saat melepas keluarga dekat atau saudara sesama Muslim yang akan bepergian. Ganti ucapan ‘selamat jalan’ atau ‘sampai jumpa’ dengan yang jauh lebih bermakna. 

2. Menunjukkan Kasih Sayang Kepada Saudara Muslim

Melantunkan doa adalah bentuk terindah dari kasih sayang kepada sesama Muslim. Saat Anda melakukannya, maka Allah akan mencurahkan kasih sayangnya. Sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh At-Thabrani “Sesungguhnya Allah hanya menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang”. 

Pun di dalam Al-Quran, banyak surat yang menekankan pentingnya menjaga hubungan kasih sayang dan berbuat baik. Seperti yang tertuang pada surat Al-Qasas ayat 77, artinya yaitu “ dan senantiasa berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah melakukan banyak kebaikan untuk kamu sekalian”. 

Melalui ucapan Fii Amanillah, Anda menginginkan saudara yang disayangi tersebut tetap sehat, selamat, dan tidak mendapat kesusahan. Sehingga Anda memanjatkan doa kepada Al-Waliy, Yang Maha Melindungi. 

3. Memberikan Penghormatan Kepada Sesama Muslim

Seperti halnya ucapan salam, Fii Amanillah juga bisa digolongkan sebagai penghormatan kepada saudara Muslim. Dampak positifnya adalah dapat mempererat hubungan karena mereka merasa dihargai oleh Anda. Tidak begitu saja dibiarkan pergi tanpa dilepas dengan hangat dan didoakan. 

Pemberian penghormatan merupakan adab yang harus dijunjung tinggi. Hal tersebut sudah secara jelas diperintahkan oleh Allah dalam Al-Quran. Sebab, Islam memiliki aturan komprehensif dalam hal hubungan sosial antar manusia. 

Penggunaan Fii Amanillah Selain ‘Selamat Jalan’

Penggunaan-Fii-Amanillah-Selain-Selamat-Jalan

Selain diucapkan saat seseorang hendak bepergian, kalimat Fii Amanillah sebaiknya juga diucapkan pada beberapa kondisi spesifik, sebagai berikut: 

  1. Saat mendapati seseorang yang sedang berjuang di masa-masa sulit;
  2. Saat menjenguk seseorang yang terkena dampak dari bencana;
  3. Seseorang yang mengalami kondisi begitu mengkhawatirkan karena suatu alasan tertentu;
  4. Saudara atau kerabat yang akan memulai perjalanan yang cukup menantang dan penuh risiko;
  5. Mengetahui ada keluarga, teman atau seseorang yang berhasil menduduki suatu jabatan;
  6. Sebelum mengucapkan salam saat hendak menutup pembicaraan baik secara langsung, melalui telepon maupun chat;
  7. Saat berpisah dengan keluarga dekat yang akan merantau, bersekolah di luar kota atau ditugaskan sementara di luar pulau. 

Jawaban untuk Ucapan ‘Fii Amanillah’

jawaban untuk ucapan fii amanillah artinya dan penjelasannya

Islam mengajarkan untuk membalas ucapan dan doa-doa baik yang orang lain berikan. Hal tersebut untuk menunjukkan bahwa Anda menerimanya dengan bahagia dan ingin memberikan hal yang paling tidak setimpal. Anjuran tersebut tertuang dalam surat An-Nisa ayat 86. 

Artinya adalah “apabila kamu diberi penghormatan maka balaslah penghormatan tersebut dengan hal yang lebih baik atau dengan hal yang serupa. Sesungguhnya Allah akan memperhitungkan segalanya”. 

Rasulullah dalam hadist yang diriwayatkan Ahmad juga bersabda “barang siapa berbuat baik kepada kalian maka balaslah dengan kebaikan yang serupa. Apabila kalian tidak mendapatkan sesuatu untuk membalas kebaikannya maka berdoalah untuk orang tersebut hingga merasa sudah membalas seluruh kebaikannya”. 

Balasan yang diajarkan untuk ucapan Fii Amanillah yaitu Ma’assalamah. Kalimat tersebut merupakan doa yang memiliki arti “semoga keselamatan selalu menyertaimu”. Dengan begitu, Anda membalas doa baik dari orang lain dengan doa yang juga memiliki arti yang baik. Bisa dikatakan setimpal.  

Apabila pada keadaan tertentu Anda lupa kalimat Ma’assalamah, tidak lantas tidak memberi jawaban. Anda masih bisa membalasnya dengan ucapan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah yang artinya sama. Sebagai contoh “semoga Allah juga akan melindungi kamu” atau “semoga kamu selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Allah”.  

Demikian informasi mengenai Fii Amanillah artinya dan penjelasannya, maka amat disayangkan apabila tidak digunakan jika Anda sudah paham.

Layaknya suatu paket lengkap, ucapan Fii Amanillah sebagai bentuk doa keselamatan yang dipanjatkan kepada Allah Yang Maha Melindungi. Selanjutnya adalah sebagai penghormatan kepada saudara sesama Muslim. Dengan begitu, hubungan tetap terjalin dengan baik. 

Artikel Lainnya :