Jumlah Pemain Kasti

Permainan kasti menjadi salah satu olahraga menyenangkan yang dimainkan secara tim dan mengedepankan kerjasama serta tanggung jawab antar pemain. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai permainan kasti, di bawah ini dijelaskan tentang jumlah pemain kasti dan cara bermainnya.

Jumlah Pemain Kasti dan Cara Bermainnya

1.Jumlah pemain kasti

Jumlah-pemain-kasti

Dalam permainan kasti jumlah pemain ada 12 orang yang kesemuanya memiliki perannya masing-masing. Peran tersebut tergantung pada posisi yang ditempati, apakah masuk tim penjaga atau tim penyerang.

Baca Juga: Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

2.Tugas tim pemain kasti

Tugas-tim-pemain-kasti

Tim penjaga bertugas mematikan lawan dengan menangkap bola yang telah dipukul. Kemudian, melemparkan bola tersebut ke pemain penyerang sebelum pemain tersebut mencapai marka yang dituju. Selain itu, tim penjaga juga memiliki tugas untuk melambungkan bola ke pemain penyerang yang akan memukul bola.

Sementara itu, tim penyerang bertugas memukul bola yang dilemparkan oleh seorang tim penjaga dan lari sampai ke marka 1, marka 2, dan kembali ke ruang bebas agar mendapatkan nilai. Dalam lari ini, pemukul bola mengusahakan agar tidak terkena bola yang dilempar tim penjaga.

Tugas Masing-Masing Pemain Kasti

1. Pemukul Bola

Pemukul-Bola

Pemukul bola ini termasuk dalam tim penyerang yang bertugas memukul bola dengan kuat supaya tim penjaga sulit untuk menangkap bola hasil pukulan tersebut. Setelah itu pemukul bola lari sekencang mungkin hingga menuju tempat tujuan agar timnya mendapatkan nilai.

2. Penangkap Bola

Penangkap-Bola

Penangkap bola ini termasuk dalam tim penjaga yang bertugas menangkap bola yang telah dipukul oleh pemukul bola dan berusaha melemparkannya ke tubuh pemukul tersebut yang sedang berlari. Dari 12 pemain dalam satu tim penjaga, maka 11 diantaranya adalah penangkap bola.

Baca Juga : Contoh Paragraf Eksposisi

3. Pelempar Bola

Pelempar-Bola

Pelempar bola adalah satu dari 12 pemain pada tim penjaga. Tugasnya adalah melemparkan bola ke arah pemukul bola sesuai denga keinginan atau arahan si pemukul. Lemparan bola harus dilakukan tepat di depan pemukul bola.

Teknik Dasar Permainan Kasti

1. Teknik melempar bola

Teknik-melempar-bola

Pada Teknik dasar dalam permainan bola kasti yang pertama adalah teknik melempar bola. Teknik melempar bola ini perlu dilakukan dengan tepat agar tim penjaga dapat melempar dan menargetkannya ke bagian tubuh tim penyerang yang bertugas memukul bola.

2. Lemparan bola mendatar

Lemparan-bola-mendatar

Lemparan bola ini dilakukan dengan memegang bola dengan tangan kanan. Lalu, pandangan diarahkan ke target lemparan dan tubuh diposisikan secara tegak. Kemudian melemparkan bola dengan arah yang mendatar.

3. Lemparan bola ke bawah

Lemparan-bola-ke-bawah

Sama seperti teknik melempar bola sebelumnya, dimana bola berada di tangan kanan, pandangan diarahkan ke target dan tubuh berada dalam posisi tegak. Baru kemudian bola dilempar ke arah bawah.

4. Lemparan bola melambung

Lemparan-bola-melambung

Pada teknik lemparan bola melambung, terdapat perbedaan posisi tubuh saat melemparkan bola. Meskipun bola tetap berada di tangan kanan dan pandangan diarahkan ke target lemparan, tubuh diposisikan condong agak ke belakang. Baru setelah itu, bola dilemparkan ke atas sehingga bola melambung.

Teknik Memukul Bola

1. Memukul arah mendatar

Memukul-arah-mendatar

Teknik memukul dengan arah mendatar ini dimulai dengan berdiri tegak, selanjutnya kaki sebelah kiri diletakkan di depan. Pemukul bola dipegang se-erat mungkin dan perhatikan arah datang bola. Saat bola datang, maka pukul dengan arah mendatar.

2. Memukul arah bawah

Memukul-arah-bawah

Sama halnya dengan teknik memukul bola arah mendatar sebelumnya, dimana posisi badan tegak, kaki kiri diletakkan di depan, dan pemukul dipegang erat-erat menggunakan tangan kanan. Baru setelah itu, perhatikan arah bola datang, saat bola datang pukul bola ke arah bawah.

3. Memukul arah melambung

Memukul-arah-melambung

Teknik memukul arah melambung tidak berbeda dengan kedua teknik memukul sebelumnya. Hanya saja saat bola datang, bola datang dipukul agar melambung.

Teknik Menangkap Bola

1. Menangkap bola mendatar

Menangkap-bola-mendatar2

Untuk menangkap bola yang dipukul secara mendatar, diawali dengan posisi tubuh yang berdiri tegak dengan kaki kanan yang berada didepan. Pandangan difokuskan ke arah datangnya bola. Tangan berada di depan dada dengan siku dibengkokkan dan jai-jari diregangkan serta dilemaskan. Baru kemudian, tangkap bola yang datang.

2. Menangkap bola arah bawah

Menangkap-bola-arah-bawah

Jika bola dipukul dari arah bawah, posisi tubuh harus berdiri tegak dengan kaki kiri berada di posisi depan. Pandangan mata juga harus difokuskan pada arah kedatangan bola. Kaki kiri ditekuk dengan lutut kaki kanan menempel di tanah. Kedua tangan diletakkan di depan kaki kanan dengan telapak tangan yang saling berhadapan dan siap menangkap bola.

3. Menangkap bola melambung

Menangkap-bola-melambung

Untuk jenis bola yang dipukul secara melambung, tekniknya sama seperti menangkap bola yang dipukul mendatar. Mulai dari memposisikan tubuh yang tegak, kemudian posisi kaki kanan yang berada di bagian depan. Begitu pula dengan pandangan yang difokuskan ke arah depan. Kedua tangan diletakkan berada di depan dada serta posisinya siap menangkap. Lalu, segera tangkap bola yang datang.

4. Teknik Berlari

Teknik-Berlari

Setelah memukul bola, maka pemukul bola tersebut diharuskan lari sekencang mungkin dan menghindari lemparan bola dari tim penjaga. Berlari bisa dilakukan dengan cara lurus ataupun berbelok-belok. Hal yang perlu diperhatikan selain menghindari bola lemparan, yaitu selalu berhati-hati saat berlari agar tidak terjatuh ataupun cedera.

Cara Bermain Bola Kasti

1. Ukuran lapangan

Ukuran-lapangan

Bermain kasti dilakukan di lapangan yang memiliki ukuran lebar 70 meter, panjang 40 meter dan bagian ruang tunggu 10 meter.

2. Durasi permainan

Durasi-permainan

Permainan dilakukan dalam dua babak, setiap babak berdurasi 20 hingga 30 menit. Dalam setiap babak disisipkan waktu istirahat selama 15 menit.

3. Aturan Permainan

Aturan-Permainan
  • Permainan kasti dimulai dengan pembagian tim dimana satu tim terdiri dari 12 orang pemain dan juga membaginya sesuai pada tugas masing-masing pemain.
  • Setelah semua pemain berada pada posisinya, masing-masing, permainan bisa dimulai dengan tetap menjunjung sportifitas antar pemain dan juga kerjasama dalam satu tim.
  • Jika salah satu pemain yang sedang berlari setelah memukul bola terkena lemparan bola dari tim penjaga, maka dilakukan pergantian tim. Tim yang tadinya bermain sebagai penjaga berganti menjadi tim penyerang dan sebaliknya.
  • Pergantian tempat juga dilakukan saat alat pemukul lepas dari tangan pemukul serta jika bola hasil lemparan berhasil ditangkap tim penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut.

4. Nilai Permainan

Nilai-Permainan

Nilai didapatkan saat pemukul bola berhasil lari ke pemberhentian pertama, kedua, dan ruang bebas secara bertahap dengan nilai yang didapat adalah 1. Sedangkan jika pemukul berhasil sampai ke ruang bebas melalui tempat pemberhentian secara langsung, maka nilai yang didapat adalah 2. Untuk penjaga yang berhasil menangkap bola secara langsung, maka akan memperoleh nilai 1.

5. Pemenang Permainan

Pemenang-Permainan-jumlah-pemain-kasti-dan-cara bermainnya

Tim yang berhasil mengumpulkan jumlah nilai paling banyak, maka tim itulah yang menjadi pemenang. Jadi, setiap tim bertugas untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk mendapat kemenangan.

Jumlah pemain kasti dan cara bermainnya memang memiliki aturan tersendiri. Hingga kini, permainan ini masih banyak digemari karena sangat seru untuk dimainkan. Namun, pastikan untuk mematuhi semua aturan jika ingin memenangkan pertandingan Selain itu, kekompakan tim juga sangat penting agar bisa mengalahkan tim lawan.

Artikel lainnya :