Makna Sila ke 3 Pancasila

Seperti yang telah diketahui, bahwa pancasila merupakan dasar dari berdirinya negara Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia yang taat, masyarakatnya dituntut untuk memiliki cara pandang yang berlandaskan dari nilai-nilai pancasila. Jumlah dari pancasila sendiri terdiri dari 5 rumusan. Salah satu bunyi dari isi pancasila yang menjadi arti dan makna sila ke-3 adalah persatuan Indonesia.

Persatuan yang dimaksud menggambarkan keutuhan masyarakat Indonesia yang bersatu membentuk satu kesatuan. Hal inilah yang menjadikan makna sila ke 3 sangat berpengaruh dalam mempertahankan suatu negara. Perbedaan budaya hingga bahasa daerah menjadikan keberagaman Indonesia semakin tinggi dan saling berpegangan erat dan menjaga perdamaian.

Sikap dari Makna Sila ke 3 Pancasila

1. Menghargai Keberagaman

Menghargai-Keberagaman

Arti dari persatuan Indonesia sendiri yaitu saling menghargai keberagaman yang ada. Baik suku, budaya, bahasa, sampai dengan agama yang dianut oleh masyarakat.

Pemahaman nasionalisme bangsa Indonesia, terbukti dapat mengatasi berbagai keberagaman kehidupan masyarakat dalam bersosialisasi. Justru, keberagaman inilah yang menjadi kekuatan negara Indonesia.

Baca Juga : Contoh Paragraf Eksposisi

2. Menghormati Antar Sesama

Menghormati-Antar-Sesama

Kesatuan negara Indonesia yang kini dapat kita rasakan, merupakan wujud nyata dari adanya sikap saling menghargai antar sesama. Tanpa adanya rasa saling menghargai, maka sulit untuk mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia. Melalui rasa saling menghormati dan menghargai, maka kepentingan negara bisa terwujud dengan baik.

3. Mengutamakan Kepentingan Negara

Mengutamakan-Kepentingan-Negara

Melahirkan kerukunan yang bersumber dari makna sila ke 3, dapat dilakukan dengan menanamkan sikap rela berkorban.

Contoh sederhananya, yakni mementingkan kepentingan negara dibandingkan keuntungan suatu golongan atau kelompok. Demi mewujudkannya, segala kesalahpahaman harus diluruskan dalam bentuk musyawarah.

4. Mengedepankan Persatuan

Mengedepankan-Persatuan

Makna Sila ke 3 memiliki tujuan untuk mengedepankan persatuan seluruh rakyat Indonesia. Tidak benar jika lebih memilih kepentingan suatu kelompok tertentu, terutama sebuah partai.

Persatuan Indonesia adalah menjadi hal yang nomor satu dibandingkan kepentingan kelompok apalagi kepentingan pribadi. Segala hal yang berkaitan dengan persatuan negara harus dinomor satukan.

Baca Juga : 14 Manfaat Senyum

5. Menjaga Citra Baik Indonesia

Menjaga-Citra-Baik-Indonesia

Masyarakat harus memiliki sikap loyalitas yang tinggi terhadap negara Indonesia. Misalnya, siapa saja yang dikirimkan ke negara lain untuk melaksanakan sebuah tugas ataupun mengikuti suatu perlombaan, maka harus selalu menjaga diri dalam bersikap maupun bertutur kata yang baik.

Hal ini penting, karena akan berpengaruh terhadap citra bangsa Indonesia di mata negara lain.

Contoh Aplikasi Makna Sila Ke 3 dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Bangga akan hasil karya anak bangsa

Bangga-akan-hasil-karya-anak-bangsa

Memilih menggunakan produk yang berasal dari Indonesia, termasuk salah satu bentuk aplikasi kehidupan yang menggambarkan isi pancasila dari sila ke 3.

Dukungan moral maupun ekonomi kepada hasil karya anak bangsa, secara tidak langsung akan memajukan kesejahteraan bangsa Indonesia itu sendiri. Maka dari itu, penting untuk menyejahterakan anak bangsa yang berkarya.

Kebanggaan yang ditunjukkan melalui pembelian produk buatan negeri ini, memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk dapat terus berkarya.

Oleh sebab itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik, sebaiknya dukung mereka yang berkarya dengan membeli atau menggunakan hasil karyanya. Cara tersebut dapat mendorong usaha masyarakat Indonesia jadi semakin sukses.

Jika hal tersebut terus dilakukan, maka lapangan kerja semakin meningkat dan angka pengangguran di Indonesia akan semakin berkurang. Kehidupan seperti inilah yang diharapkan oleh setiap orang maupun pemimpin di negara Indonesia.

Produk asli Indonesia pun bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Bahkan, bisa sampai ekspor ke luar negeri dan bersaing dengan produk dari negara lain.

2. Berbahasa Indonesia

Berbahasa-Indonesia-scaled

Perbedaan budaya menjadikan setiap daerah memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Terkadang tidak setiap orang yang ditemui dalam kehidupan, mengerti bahasa daerah yang digunakan saat melakukan komunikasi.

Oleh karena itu, dengan adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, mudah saja bagi seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain yang baru dikenal olehnya.

Tidak hanya itu, usahakan saat bertemu dengan orang sesama warga Indonesia di negara lain, menggunakan bahasa tanah air.

Selain memudahkan untuk memberitahukan identitas dirinya terhadap lingkungan di luar negeri, secara tidak langsung orang yang berbahasa Indonesia ikut serta memberikan peran dalam memperkenalkan bahasa Indonesia ke seluruh dunia.

3. Menghargai segala perbedaan

Menghargai-segala-perbedaan

Wilayah negara Indonesia yang sangat luas, menjadikan setiap pulau di negara ini memiliki budaya, bahasa, suku serta kepercayaan turun temurun yang berasal dari nenek moyangnya.

Perbedaan seperti inilah yang harus diterima oleh setiap warga negara. Sikap toleransi ditunjukkan melalui adanya rasa hormat kepada semua orang meski memeluk agama yang berbeda.

Sesuai konsep Bhineka Tunggal Ika dimana keberagaman suku, agama, serta budaya tidak menjadi penghalang bagi semua orang untuk bersikap saling menghormati seta menghargai.

Perdamaian serta kesatuan suatu negara, dapat dengan mudah terwujud karena adanya sikap saling menghargai satu sama lain. Maka dari itu, sikap saling menghargai penting dimiliki semua masyarakat.

4. Menempatkan kepentingan negara diatas kepentingan individu atau kelompok

Menempatkan-kepentingan-negara-diatas-kepentingan-individu-atau-kelompok

Kepentingan negara yang dimaksud contohnya adalah ketika terjadi sebuah problematika yang berkaitan dengan keutuhan negara.

Secara singkat, jika ada negara lain yang meluncurkan misi atau memplokamirkan perang, maka tugas tersebut tidak hanya dibebankan kepada para pelindung negara, melainkan seluruh masyarakat Indonesia. Semua orang harus ikut berjuang melawan.

Penjajahan memang sudah lama tidak pernah terjadi di negara Indonesia, hanya saja jika terjadi permasalahan yang serupa yakni menyangkut negara maka kedepankan mencari solusi untuk keluar dari permasalahan tersebut secara bersama-sama.

Hal ini tentu lebih efektif, dibandingkan sibuk menuruti ego masing-masing dengan cara mencari perlindungan ke negara lain.

5. Menghindari terjadinya perselisihan antar bangsa

Menghindari-terjadinya-perselisihan-antar-bangsa

Tawuran yang sering dilakukan oleh sekelompok kecil masyarakat atau anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, dapat menimbulkan kerenggangan dari persatuan bangsa.

Berita yang ditampilkan di layar televisi seringkali menampilkan kerusuhan berlangsung di suatu daerah. Para aparat negara pun bertugas membubarkan masa demi menjaga kedamaian negara.

Pertengkaran yang terjadi adalah akibat perselisihan paham antara satu orang atau bahkan sekelompok orang tertentu, dapat menimbulkan efek negatif yang besar jika tidak segera didamaikan.

Efek negatif yang sering terlihat dari kejadian pertengkaran antar kelompok, yakni ditemukannya satu orang atau lebih yang kehilangan nyawanya. Oleh sebab itu, penting untuk menghindari perselisihan.

Negara yang didasari oleh perdamaian serta keadilan sosial, akan menciptakan sebuah ketertiban di dalamnya.

Pedoman dari sila ke 3 yang perlu diingat oleh setiap warga negara Indonesia, diantaranya adalah menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan pribadi atau golongan. Kemudian, rela berkorban demi menjaga kedamaian antar bangsa maupun negara.

Makna sila ke 3 harus ditanamkan sejak dini melalui ajaran yang diberikan oleh orang tua ataupun guru di sekolah. Sehingga, generasi muda bisa lebih memahami apa itu makna sila-sila dalam pancasila, terutama sila ke 3.

Dengan begitu, maka Indonesia akan memiliki generasi yang menghargai pancasila sekaligus mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Lainnya :