14 Manfaat Senyum

Siapa bilang, jika ingin memiliki tubuh sehat, kuncinya hanya olahraga saja? Anda harus tahu, bahwa senyum juga bisa menjadi kunci sehatnya seseorang lho. Manfaat senyum yang jarang diketahui ini selalu diabaikan oleh orang-orang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa senyum merupakan sebuah respon seseorang yang dilakukan dengan perasaan penuh kesadaran. Karena itulah senyum memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak pembahasan artikel ini sampai selesai.

Manfaat Senyum yang Wajib Anda Ketahui 

Senyum merupakan suatu tindakan yang mudah dilakukan oleh banyak orang. Agar Anda bisa merasakan berbagai manfaat dari senyum. Berikut ini beberapa manfaatnya yang harus Anda ketahui:

1. Menjadikan Seseorang Lebih Kreatif

Menjadikan-Seseorang-Lebih-Kreatif

Dalam sebuah studi menyampaikan bahwa tersenyum dapat mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan komprehensif. Dengan tersenyum maka seseorang bisa lebih berfikir kreatif dan terhindar dari pikiran-pikiran negatif. 

Manfaat dari senyum ini bisa Anda dapatkan karena efek dopamine-neurotransmitter akan  terhubung langsung pada saat proses belajar atau ketika mengambil suatu keputusan. Faktor itulah yang mampu menjadikan seseorang merasa lebih bahagia.

2. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Menjaga-Kesehatan-Paru-Paru

Ketika seseorang melakukan senyum atau tertawa, ternyata sangat memberikan efek positif dalam tubuh. Paru-paru akan mengembang secara otomatis dan mengisi oksigen dengan lebih maksimal.

Dalam kondisi ini, maka paru-paru mampu memompa darah yang kaya oksigen. Jika hal itu Anda lakukan secara rutin, maka kondisi paru-paru Anda akan menjadi lebih bersih serta sehat.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga-Kesehatan-Jantung

Manfaat dari senyum selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian menyampaikan bahwa seseorang yang tersenyum dan diikuti tertawa maka kemampuan produksi oksigen di dalam darahnya menjadi meningkat.

Dalam proses ini maka akan terjadi pelepasan endorfin yang bisa menjauhkan seseorang dari pikiran negatif.

4. Menetralkan Tekanan Darah

Menetralkan-Tekanan-Darah

Pada saat seseorang tersenyum, akan membantu mengaktifkan pesan saraf didalam tubuh yang fungsinya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Proses pelepasan neuropeptide saat tertawa mampu menjauhkan seseorang dari stress. 

Neuropeptida yaitu molekul kecil yang membantu neuron untuk berkomunikasi. Molekul ini berfungsi untuk memfasilitasi saat mengirimkan pesan ke bagian seluruh anggota tubuh ketika Anda merasa bahagia, bersemangat, tertekan, sedih ataupun marah. 

Baca Juga : Fungsi Stroma

Sedangkan Neurotransmitter yang berupa dopamine, serotonin dan endorfin akan dilepaskan ketika Anda tersenyum dan secara otomatis wajah Anda akan lebih bersinar.

Jadi tersenyum tidak hanya mampu merilekskan kondisi tubuh, namun juga mampu menetralkan tekanan darah.

5. Memperbaiki Kesehatan Mental

Memperbaiki-Kesehatan-Mental

Seseorang yang tertawa dipercaya mampu menetralkan dari semua kondisi emosi negatif yang terkadang bisa muncul kapan saja. Seseorang yang humoris ternyata lebih mudah melawan stres dan cenderung menjadi pribadi yang positif.

Karakter orang tersebut lebih ceria dan terhindar dari rasa kesepian yang dapat menyebabkan depresi. 

6. Lebih Bisa Dipercaya

manfaat senyum Lebih-Bisa-Dipercaya-scaled

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata senyum juga bermanfaat bagi seseorang yang sering berinteraksi dengan banyak orang, khususnya terhadap orang baru. Seseorang akan menjadi terlihat baik dan wibawa pada saat tersenyum.

Bahkan banyak orang akan memperlakukan dengan lebih bijak ketika Anda tersenyum dibandingkan terhadap seseorang yang datar.

Menurut sebuah penelitian menyampaikan bahwa wajah seseorang yang menarik yaitu ketika tersenyum karena mampu mengaktifkan orbitofrontal cortex, sehingga bagian area otak mampu memproses sensorik dengan baik. 

Hal ini yang menunjukkan bahwa seseorang yang sedang melihat Anda tersenyum, sebenarnya Anda pun sangat dihargai.

Bahkan menurut penelitian lainnya menemukan bahwa seorang pria maupun wanita akan lebih tertarik ketika melihat gambar seseorang yang sedang tersenyum dibandingkan dengan yang bermuka cemberut atau mengernyitkan dahinya.

7. Mengatasi Stress

Mengatasi-Stress

Senyum memiliki manfaat yang sangat dahsyat yaitu mengatasi stress. Seseorang yang sedang mengalami stres, maka sel-sel saraf di dalam tubuh mengalami ketegangan. Hal itu bisa terjadi karena faktor pekerjaan yang melelahkan atau hal lainnya.

Dengan Anda tersenyum maka dapat memberikan sinyal positif pada tubuh dalam meredakan sel-sel saraf tersebut.

8. Meningkatkan Imun Tubuh

manfaat senyum Meningkatkan-Imun-Tubuh

Melakukan senyum secara rutin memiliki efek positif untuk jangka panjang yaitu mampu meningkatkan imun tubuh menjadi lebih kuat. Ketika tersenyum, maka sistem imun Anda akan melonjak drastis dan menjadikan tubuh menjadi lebih rileks.

9. Menghambat Terjadinya Keriput Pada Wajah

Menghambat-Terjadinya-Keriput-Pada-Wajah

Menurut sebuah penelitian menyampaikan bahwa melakukan senyum dengan tulus mampu mengangkat bagian otot-otot wajah dan menjadikan seseorang tampak lebih muda. Pasalnya raut muka akan tetap terlihat kencang dan terhindar dari keriput. 

Seseorang yang judes atau selalu cemberut membutuhkan usaha lebih keras untuk melakukan senyum. Maka tidak heran jika mereka memiliki wajah yang cepat tua dan mudah keriput. Apalagi seseorang yang mudah emosi dan marah, maka lebih rentan wajahnya menjadi keriput.

10. Menciptakan Pikiran Positif

Menciptakan-Pikiran-Positif

Jika suasana hati seseorang sedang memburuk maka cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan tersenyum. Meskipun senyuman cukup Anda melakukan sekali, namun dapat menciptakan suasana hati yang lebih rileks dibanding sebelumnya. Manfaat senyum akan mendorong otak dalam menciptakan energi positif.

11. Meredakan Rasa Sakit

manfaat senyum Meredakan-Rasa-Sakit

Pada saat tersenyum, maka secara tidak langsung tubuh Anda akan mengeluarkan hormon yang berupa serotonin, dopamine dan endorfin. Hormon tersebut akan berperan aktif dan berfungsi sebagai obat alami dalam mengatasi berbagai penyakit seperti sakit kepala, nyeri otot dan sebagainya. 

Hal itu disebabkan karena hormon endorfin bisa didapatkan ketika Anda senyum. Kemudian hormon endorfin akan bekerja aktif dalam meminimalkan rasa nyeri yang terjadi pada tubuh. 

12. Menjaga Interaksi Antar Personal

manfaat senyum Menjaga-Interaksi-Antar-Personal

Manfaat psikologis dari senyum yaitu mampu menarik simpati seseorang. Seseorang yang mudah tersenyum lebih disukai dan direspon oleh orang-orang disekitarnya. Hal ini menjadi cara terbaik untuk memulai dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. 

Jadi tetaplah tersenyum dalam kondisi apapun, karena tersenyum mampu menciptakan sebuah ikatan sosial yang lebih baik, kuat, sehat dan tahan lama. 

13. Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Meningkatkan-Hormon-Kebahagiaan

Senyum mampu memunculkan berbagai jenis hormon di dalam otak seperti serotonin, dopamine dan endorfin. Hormon tersebut mampu menghadirkan perasaan bahagia, sehingga mampu menenangkan semua sistem saraf, menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. 

14. Memperbaiki Suasana Hati

Memperbaiki-Suasana-Hati

Terkadang kita mengalami mood yang tiba-tiba berubah tidak baik dan merasa uring-uringan pada saat beraktivitas. Cara paling tepat untuk mengatasi masalah yaitu dengan tersenyum. Menurut beberapa studi membuktikan bahwa senyum yang tulus mampu meningkatkan suasana hati seseorang. 

Bahkan tersenyum sangat bermanfaat bagi orang-orang yang mudah cemas dan memiliki gangguan depresi. Dengan tersenyum, maka suasana hatinya akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Percaya atau tidak, seseorang melakukan senyum secara rutin akan lebih percaya diri dibandingkan dengan orang yang banyak mengernyitkan dahi.

Dengan mengetahui berbagai manfaat senyum di atas, maka mulai sekarang cobalah untuk tersenyum secara rutin, baik saat melakukan rapat atau pertemuan dengan rekan bisnis. Dengan begitu maka Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda pada diri Anda. 

Artikel Lainnya :