Tulisan Arab dan Artinya

Mempelajari Bahasa Arab menjadi sunnah yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan bagi Anda sebagai seorang muslim. Hal ini karena Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh Nabi dan Rasul yang menjadi pedoman bagi umat manusia.

Dalam hidup, setidaknya sebagai umat muslim Anda harus mengetahui beberapa tulisan Arab dan artinya yang dapat digunakan untuk menyebarkan pesan positif.

Bahasa Arab dapat digunakan sebagai alat pembelajaran atau informasi positif yang dapat dijadikan sebagai pedoman hidup agar selalu tegak dalam ajaran Islam.

Tulisan Arab ini merupakan rangkaian bijak yang mudah dihafal dan dipahami dalam kehidupan sehari-hari. Penjelasan tentang hal ini akan dijabarkan secara lengkap di bawah ini.

Fungsi Memahami Tulisan Arab dan Artinya

Fungsi-Memahami-Tulisan-Arab-dan-Artinya

Setiap umat muslim diwajibkan menggunakan bahasa Arab ketika beribadah shalat. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi umat muslim yang bukan menjadi pribumi Arab secara langsung.

Sehingga Anda harus melalui proses hafalan terlebih dahulu kemudian memahami arti dari bacaan shalat agar khusyu’ atau mengalami ketenangan pada saat menjalankan shalat.

Bacaan dalam shalat mengandung berbagai kata-kata yang sekaligus dibaca pada saat gerakan-gerakan tertentu, sehingga membutuhkan pemahaman agar dapat menjalankannya dalam waktu yang sama.

Tentunya hal ini juga diiringi dengan kebiasaan karena shalat merupakan pondasi agama, sehingga isi dari bacaan di dalamnya berisi tentang doa dan ungkapan yang positif.

Baca Juga : Contoh Paragraf Eksposisi

Dalam memahami kata-kata Arab yang digunakan pada saat shalat maupun pada situasi tertentu, Anda membutuhkan kemampuan untuk membaca tulisan Arab dengan baik.

Hal ini tentu menjadi dasar pembelajaran agama sebagai sarana untuk mengetahui bahasa Arab yang merupakan bahasa sehari-hari Rasulullah S.A.W.

Tidak hanya itu, mempelajari tulisan Arab juga dapat memudahkan Anda untuk menyampaikan nilai-nilai positif. Hal ini juga dapat menjadi penguat pada saat Anda menyampaikan argument tertentu yang membutuhkan Al-Qur’an dan hadist. Sehingga memahami tulisan Arab dan artinya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Tulisan Arab

Jenis-Tulisan-Arab

Tulisan Arab juga bervariasi, tidak hanya dari segi bahasa resmi maupun bahasa sehari-hari. Tulisan Arab juga memiliki variasi tempat dari segi penulisan. Hal ini memiliki fungsi tanda baca yang akan memudahkan pada saat membaca dan memahami tulisan tersebut. Berikut merupakan jenis tulisan yang perlu Anda ketahui.

  • Digandeng dan berada di akhir kata
  • Ditempel dan berada di awal kata
  • Digandeng dan berada di tengah kata
  • Tidak digandeng

Contoh Tulisan Arab dan Artinya

Contoh-Tulisan-Arab-dan-Artinya

Selain bacaan yang digunakan dalam shalat, tulisan Arab juga digunakan sebagai salah satu sarana untuk memotivasi diri maupun orang lain. Kata-kata yang digunakan dengan bahasa Arab akan menjadi referensi yang tepat untuk meningkatkan pengalaman Anda. Berikut merupakan contoh tulisan Arab dan artinya yang dapat digunakan dalam kehidupan.

1. Kata-Kata Motivasi dalam Kehidupan

Kata-Kata-Motivasi-dalam-Kehidupan

في الواقع بقية الوقت للمسلمين في الموت. ثم افعل الخير وقناة المعرفة المفيدة من أجل الحصول على رضا الله سبحانه وتعالى.

“fi alwaqie baqiat alwaqt lilmuslimin fi almawta. thuma afeala alkhayr waqanat almaerifat almufiadat min ajl alhusul ealaa rida allah subhanah wataealaa.”

Artinya : sesungguhnya waktu istirahat umat muslim adalah pada saat mati. maka lakukanlah kebaikan dan salurkan ilmu yang bermanfaat agar mendapat ridha Allah SWT.

·       العبادة كما لو كانت آخر يوم لك. والعمل كما لو كنت تعيش إلى الأبد.

“aleibadat kama law kanat akhir yawm laka. waleamal kama law kunt taeish ‘iilaa al’abad”.

Artinya : beribadah seakan-akan ini adalah hari terakhirmu. dan bekerjalah seolah-olah engkau hidup selamanya.

Tulisan arab

الله سبحانه وتعالى لم يذكر الفقر في القرآن ، وهو غني. ثم يجب أن يسعى كل من لديه الوقت والجسد الكافي لتلبية احتياجاته

الخاصة. الله سبحانه وتعالى لا يحب الناس كسالى في الاعتماد على الآخرين.

“Allah subhanahu wataala lam yudhkar alfaqr fi alquran , wahu ghani. thuma yjb ‘an yaseaa klun min ladayh alwaqt waljisd alkafi litalbiat ahtiajatih alkhasitu. allah subhanah wataealaa la yuhibu alnaas kusalaa fi alaietimad ealaa alakharina.

Artinya : Allah SWT tidak pernah menyebutkan kemiskinan dalam kitab Al-Qur’an, yang ada yaitu berkecukupan.

Maka barang siapa yang memiliki waktu dan tubuh yang cukup hendaknya berusaha agar dapat mencukupi kebutuhannya sendiri. Allah SWT tidak menyukai orang yang malas lagi bergantung pada orang lain.

هناك ثلاثة مستويات في الحياة ، وهي الجهد والصلاة والجهد. قم بأقصى جهد وصلاة قدر الإمكان ولكن إذا لم تحصل على النتائج

المرجوة ، فاترك الأمر كله لله سبحانه وتعالى لأنه يعرف كل شيء.

“hanak thlatht mustawayat fi alhayat , wahi aljahd walsalat waljuhdu. qum bi’aqsaa juhd wasalat qadr al’iimkan walakun ‘iidha lm tahsul ealaa alnatayij almarjuat , fatirik al’amr kulah lilah subhanah wataealaa li’anah yaerif kla shay’in.”

Artinya : tingkatan dalam kehidupan ada tiga, yaitu usaha, doa, dan ikhtiar. lakukan usaha dan doa semaksimal mungkin

Namun jika tidak mendapatkan hasil yang diinginkan serahkan semuanya pada Allah SWT karena Beliau Maha Mengetahui segala sesuatu.

الحياة في العالم مؤقتة فقط ، قم بالعبادة والعمل الصالح في كل مرة من أجل الحصول على المتعة منه.

“alhayat fi alealam muaqatat faqat , qum bialeabadat waleamal alsaalih fi kl marat min ajl alhusul ealaa almuteat minh”.

Artinya : hidup di dunia hanyalah sementara, lakukan ibadah dan amal baik setiap waktu agar mendapatkan ridha dari-Nya.

Baca Juga : Jazakumullah Artinya

2. Kata-Kata Mutiara dalam Menuntut Ilmu

Kata-Kata-Mutiara-dalam-Menuntut-Ilmu

طلب الغفران قبل الدراسة إلزامي. لأن الذين يخطئون سيجدون صعوبة في الحصول على المعرفة. ثم عليك أولاً أن تطلب الصفح من الله حتى تدخل المعرفة ويسهل فهمها.

“talab alghufran qabl aldirasat ‘iilzamiun. li’ana aladhin yukhtiuwn sayajidun sueubatan fi alhusul ealaa almuerifati. thuma ealayk awlaan ‘an tatlub alsafh min allah hataa tadkhul almaerifat wayusahil fahamha.”

Artinya : memohon ampun sebelum menuntut ilmu adalah wajib. karena orang yang memiliki dosa akan kesulitan untuk memperoleh ilmu.

maka hendaknya meminta ampun terlebih dahulu pada Allah SWT agar ilmu pengetahuan dapat masuk dan mudah dipahami.

يكون مثل الأرز ، البطة أذكى. لأن العلم يأتي من الله ، فاستخدمه جيداً ولا تتكبر. لأن كل الكمال لله وحده.

“yakun mithl al’arzi , albitat ‘adhkaa. li’ana aleilm yati min allah , fastakhdamh jydaan wala tatakabar. li’ana kla alkamal lilah wahdih.”

Artinya : jadilah seperti padi, semakin pintar semakin merunduk. karena ilmu datangnya dari Allah SWT maka gunakan dengan baik dan jangan sombong. Karena semua kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.

Penjelasan tentang contoh tulisan Arab dan artinya di atas dapat menjadi salah satu sarana bagi Anda untuk belajar dan memahami bahasa Arab.

Tentunya dalam mempelajari bahasa baru membutuhkan waktu dan kontinuitas agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan untuk mencoba mempelajari tulisannya terlebih dahulu ya! Semoga berhasil!

Artikel Lainnya :